Tutorial, WordPress

WordPress: Script Kembali ke Tulisan Utama

Karena memiliki sebuah blog berisi catatan perjalan dengan tulisan yang berisi banyak foto, maka ada kebutuhan untuk menggunakan Script Kembali ke Tulisan utama, selain navigasi ke foto sebelum dan sesudahnya. Dengan adanya script ini tentu akan mempermudah navigasi bagi pengunjung, dan itu penting.

Penting karena pengunjung yang puas kemungkinan akan datang lagi secara suka rela, bukan hanya karena menemukan tulisan di mesin pencari. Mungkin pula mereka akan berbaik hati untuk membagi tautan foto atau tulisan di media sosialnya. Setidaknya menyenangkan pembaca adalah satu hal yang menyenangkan hati juga.

Meskipun theme yang saya gunakan sebenarnya sudah ada navigasi berisi Script Kembali ke Tulisan Utama, namun lay-outnya tampak boros, dan ada css tak perlu yang ingin saya buang. Membuat halaman ramping dan ringan adalah hal yang harus selalu diprioritaskan oleh setiap blogger.

Untuk memasang Script Kembali ke Tulisan Utama lakukan langkah-langkah sebagai berikut ini.

  1. Buka image.php atau file lain yang anda ingin pasang script ini.
  2. Copy dan paste script di bawah ini, lalu save.
    <?php if($post->post_parent) {
    $parent_link = get_permalink($post->post_parent); ?>
    Kembali ke: <a href="<?php echo $parent_link; ?>"><?php
    $parent_title = get_the_title($post->post_parent);
    echo $parent_title;
    ?></a>
    <?php } ?>
  3. Periksa apakah script bekerja baik dengan membuka sebuah halaman foto. Jangan lupa untuk login dahulu ke situsweb anda.


Selalu membuat back up sebelum melakukan perubahan adalah kebiasaan yang baik, meskipun di WordPress ada fasilitas undo yang bisa mundur dalam jumlah yang sangat banyak.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 27, 2017.