Percikan

Pengemis Memanggil 2.0

Setelah mengantar anak ke sekolah pada hari Sabtu pagi, akhirnya saya bisa mengambil gambar dari seorang pengemis yang saya sebutkan di Pengemis Memanggil. pada tulisan sebelumnya. Sudah cukup lama saya tidak melewati jalan itu, dan saya tidak akan terkejut jika saja dia menghilang, tapi ia masih ada di sana.

Orang itu hanya tampak jauh lebih tua dan rapuh. Itulah yang saya lihat hari itu. Selalu ada perdebatan apakah memberikan uang ke pengemis di jalan adalah cara yang benar atau tidak dalam membantu orang yang membutuhkan. Bagi saya, ini bukan tentang cara yang benar atau salah, ini bukan tentang situasi hitam atau putih.

Ini lebih tentang kesediaan untuk berbagi dan pengakuan tidak ada cara tunggal yang sempurna dalam melakukannya. Sayangnya banyak dari mereka yang enggan untuk memberikan uang kecil kepada pengemis di jalan tidak atau belum melakukan apa-apa untuk membantu mereka, kemungkinan besar karena belum menemukan cara yang lebih nyaman dalam memberikan sumbangan.

pengemis jalanan
Dia hanya tampak jauh lebih tua dan rapuh. Itulah yang saya lihat hari itu. Selalu ada perdebatan apakah memberi uang kepada pengemis di jalan adalah cara yang benar atau tidak dalam membantu orang yang membutuhkan. Bagi saya, ini bukan tentang cara yang benar atau salah, ini bukan tentang situasi hitam atau putih.

Ini lebih tentang kesediaan untuk berbagi dan pengakuan bahwa tidak ada cara tunggal yang sempurna dalam melakukannya. Sayangnya banyak dari mereka yang enggan untuk memberikan uang kecil kepada pengemis di jalan tidak atau belum melakukan apa-apa untuk membantu mereka, kemungkinan besar karena belum menemukan cara yang lebih nyaman dalam memberikan sumbangan.

Bagi yang ingin melihat dan memberikan kontribusi kecil, "kantor"-nya terletak di putaran balik ke arah Tebet, di bawah fly-over Kampung Melayu. Setelah menerima uang, dia akan berteriak keras mendoakan agar Anda berusia panjang dan sejahtera. Amin. Ketika tulisan ini diperbarui, ia sudah tak ada lagi di sana.

Ada beberapa pengemis dengan siapa saya sering bertemu dan akhirnya menjadi semacam "pelanggan". Berikut adalah beberapa dari mereka.

pengemis jalanan
Seorang wanita yang duduk di jalur hijau di Jl. I Gusti Ngurah Rai, sekitar 200 meter sebelum Mal Klender. Dia duduk di sana dengan seorang anak kecil. Sekarang ia sudah tidak ada lagi di sana.

pengemis jalanan
Seorang wanita yang berjalan sangat cepat, dengan cara yang unik, dengan wajah menyeringai. daerahnya operasi adalah di sekitar lampu lalu lintas setelah penjara Cipinang, sebelum fly-over Jatinegara. Dia juga sudah tidak lagi ada di sana sekarang.

pengemis jalanan
Seorang wanita, sedikit lumpuh, menyapa di lampu lalu lintas persimpangan antara jalan Ki Mangunsarkoro dan Cik Ditiro, menuju Masjid Agung Sunda Kelapa. Tidak yakin apakah ia masih ada.

pengemis jalanan
Ada wanita lain duduk di sekitar lampu lalu lintas sebelum penjara Cipinang, tapi saya tidak pernah melihatnya mendekati pengendara mobil untuk menadahkan tangan meminta uang.

Beberapa hari yang lalu saya berhenti di dekat tempat dia duduk. Lampu lalu lintas merah sedang menyala. Dia menatap lurus ke arah saya tapi tidak bergerak tangannya. Saya membuka jendela mobil untuk memberikan uang yang kecil. Dia berdiri, dan berjalan dengan susah payah menuju mobil. Saya menarik napas dalam-dalam, setelah mengetahui mengapa dia hanya duduk pasif di sana.

Tidak begitu penting apakah memberikan kontribusi dalam bentuk uang, makanan, kain, bantuan pendidikan, dll. Apakah memberikan sumbangan di jalan, rumah panti asuhan atau melalui LSM, selama melakukan tindakan nyata untuk membantu mereka, dan mudah-mudahan Anda dapat memperbaiki cara menyumbang yang diberikan di sepanjang jalan.

Untuk pemerintah, mungkin Presiden perlu membuat lomba tahunan. Gubernur yang dapat mengurangi jumlah orang yang hidup di bawah garis kemiskinan sebesar 10% akan diberi penghargaan besar oleh pemerintah pusat; dan mereka yang tidak bisa mencapai angka itu harus ditegur.

Gubernur pada gilirannya perlu membuat lomba tahunan untuk bupati, dan seterusnya. Ekonomi biaya tinggi harus berkurang. Ijin investasi juga harus lebih disederhanakan, terutama di sektor yang menciptakan kesempatan kerja banyak.

Walau kita tidak bisa membuat kemiskinan tinggal menjadi sejarah, kita pasti bisa menyumbangkan sesuatu untuk mengurangi skalanya, baik dengan mengambilnya dari saku kita, atau dari sumber lain yang kita bisa kontrol atau buat.

Mari kita tidak mengkritik orang-orang yang telah melakukan sesuatu untuk membantu orang yang membutuhkan karena cara mereka menyumbang. Mari berbagi tentang apa yang telah kita lakukan, yang dapat menginspirasi orang lain untuk berkontribusi dengan cara yang lebih baik. (Terbit 12 Desmber 2006)


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 28, 2017.