Pantai Batubelig Kerobokan Bali

October 24, 2018.
Pantai Batubelig adalah sebuah pantai landai di sekitar Kerobokan, Bali, yang baru pertama kali saya kunjungi beberapa bulan lalu, dan namanya pun masih terdengar asing di telinga ketika diberi tahu resepsionis tentang lokasi pantai yang terdekat dari hotel.

Pantai Batubelig memang tidak sepopuler Pantai Kuta, dan karenanya pengunjungnya pun lebih sedikit. Namun melihat matahari tenggelam di Pantai Batubelig tidak kalah indahnya dengan melihat senja di Pantai Kuta.

Tampaknya sangat menyenangkan untuk berjalan menyusur tepian Pantai Batubelig dengan ciprat air laut di kaki dan suara ombak yang datang silih berganti menghempas bibir pantai yang sangat landai dan berpasir tebal.

pantai batubelig kerobokan bali
Pantai Batubelig menjadi tempat luas bebas yang digemari anak-anak setempat untuk bermain-main apa saja, terutama ketika matahari sudah mulai jauh turun mendekati garis cakrawala dan panasnya pun tidak lagi menyengat kulit.

Anak-anak laki-laki terlihat berkejaran memperebutkan bola di atas pasir Pantai Batubelig yang lunak dan cukup empuk, sehingga tidak ada rasa takut bila terjatuh ketika tengah bermain mengadu kecepatan dan kecerdikan mengolah bola.

Pantai Batubelig Kerobokan juga menjadi tempat mencari nafkah bagi wanita-wanita lewat baya yang menjadi pedagang acung, menawarkan berjenis pakaian dan pernak-perniknya. Hari itu tidak ada ibu-ibu yang menawarkan jasa untuk memijat atau untuk merawat kuku.

Bagi turis yang lebih menyukai suasana yang lebih tenang ketimbang Kuta, pantai ini menjadi pilihan yang baik untuk menghabiskan waktu di senja hari. Entah hanya untuk sekadar duduk menikmati suasana, atau pun berjalan kaki di sepanjang tepian bibir pantai yang panjang.

Sebuah restoran di tepian Pantai Batubelig menyediakan tempat duduk di area terbuka di atas panggung, pada bar, serta beberapa tempat duduk dan payung pantai yang nyaman di bawahnya.

Saat itu ada anak-anak bule balita bermain di pasir Pantai Batubelig diawasi orang tuanya dari jauh. Pasir Pantai Batubelig ini lembut di kaki, dan bibir pantai yang lebar serta ombak yang jinak membuat orang tua merasa nyaman membawa anak-anak mereka ke tempat ini.

Saat matahari hampir menyentuh garis cakrawala Pantai Batubelig ada seleret awan menutup bagian tengah yang menambah keindahannya. Sementara anak-anak merasa tidak terganggu dengan perubahan waktu, dan terus berkejaran di tengah buih laut yang datang tak pernah henti.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Pantai Batubelig adalah merupakan salah satu tempat pilihan yang baik bagi turis yang ingin menikmati pemandangan matahari terbenam ketika sedang berada di Pulau Bali. Saat senja jatuh lampu-lampu cafe mulai menyala menerangi tepian Pantai Batubelig. Pohon-pohon palm yang tampaknya belum lama ditanam, memberi suasana yang cukup berbeda.

Meskipun ada sampah di sana-sini, yang telah dikumpulkan menunggu untuk dibuang, namun secara keseluruhan pantai ini cukup bersih, dan nyaman untuk dilihat. Diperlukan kesadaran pengunjung untuk tidak membuang sampah secara sembarangan, serta kerelaan ibu-ibu pedagang untuk memungut sampah ketika melihatnya.

Di mulut pantai terdapat puluhan tukang ojek yang siap mengantar pejalan ke tempat tujuan jika tidak membawa kendaraan sendiri. Pantai Batubelig Kerobokan berjarak sekitar 9,8 km dari Pantai Kuta, ke arah Utara.

Pantai Batubelig Kerobokan Bali

26 foto di sini. Alamat : Banjar Batu Belig, Desa Adat Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Badung, Bali. Lokasi GPS : -8.67417, 115.14607, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Badung, Tempat Wisata di Badung, Peta Wisata Badung.

Share, Tweet, WA, TE, Email, Print!
Label : Badung, Bali, Kerobokan, Pantai, Traveling.