Mengatasi Masalah Wireless MacBook Pro

August 11, 2020. Blog, Mac, Tips. Bagikan: Facebook, Twitter, WhatsApp
aroengBinang.com - Dua hari terakhir ini sambungan wireless AirPort MacBook Pro mengalami masalah yang lumayan serius. Beberapa cara sudah saya coba lakukan untuk memperbaikinya, namun kejadiannya terus saja berulang, dan tentu saja lama-lama hal ini menjadi sangat mengganggu dan menjengkelkan.

Meskipun masalah ini bukan yang pertama kali terjadi, namun kejadian terakhir bermula ketika timbul masalah pada sambungan internet Fastnet, yang baru keesokan harinya bisa normal kembali setelah teknisi Fasnet datang dan berhasil memperbaiki sambungan kabel luar rumah.

Setelah sambungan internet normal, giliran AirPort MacBook Pro yang berulah. Koneksi wireless tiba-tiba jatuh, dan masalahnya tentunya ada di AirPort MacBook Pro, karena jaringan internetnya normal. Saat telah berpindah ke Indihome, masalah juga sering muncul ketika MacBook dinyalakan setelah dimatikan atau wifi di-off semalaman.

Mengatasi Masalah Wireless MacBook Pro

Beruntung dulu ada Galaxy Note, dan sekarang beralih ke Mi9 SE, yang bisa membantu mencari solusi untuk masalah yang saya hadapi ini, ketika MacBook sedang tidak bisa terhubung ke internet.

Dari hasil pencarian itu ada dua langkah solusi yang saya telah coba, dan keduanya berhasil, mungkin masing-masing mengatasi masalah yang berbeda.

Cara Pertama

Langkah pertama untuk mengatasi masalah wireless MacBook Pro:
  • Buka System Preferences. Klik ikon Network.
  • Klik Advanced tab di sudut kanan bawah, dan drag nama koneksi yang bermasalah agar ada di urutan pertama
  • Klik Apply Now, dan matikan komputer
  • Nyalakan komputer, dan segera tekan bersamaan Command Option P R, sebelum layar abu-abu muncul. Tetap tekan sampai terdengar suara startup yang kedua kali baru dilepaskan.


Cara Kedua

Jika cara di atas gagal, lakukan cara berikut ini:
  • Buka Network Preferences, klik advanced, dan Delete koneksi network yang bermasalah.
  • Buka menu Keychain di folder Utilities. Temukan passwords dari network yang bermasalah, dan delete password itu.
    Hati-hati, karena mungkin ada banyak passwords di koneksi network Anda.
  • Lakukan Repair Permissions dengan menggunakan Disk Utility.
  • Reboot komputer
  • Masukkan kembali data network Anda untuk kembali tersambung ke jaringan


Cara Ketiga

Cara ini belum lama saya gunakan, yaitu ketika ada pesan "another device is using your ip address", maka saya coba lakukan langkah berikut ini. Ini adalah cara jika Anda menggunakan Indihome dan memakai Modem Indihome Huawei HG8245A.

Jika memakai modem model lain, coba Google username dan passwordnya, atau hubungi CS internet provider Anda untuk mendapatkannya.

  1. Pastikan McBook Pro Anda sudah terhubung ke jaringan wifi (nama jaringan dan password sudah dimasukkan), meskipun tidak ada koneksi internet (ada tanda pentung pada icon wifi)
  2. Ambil ponsel yang terkoneksi aktif ke jaringan internet rumah Anda
  3. Jika ada ponsel yang terhubung ke jaringan, selain yang sedang Anda gunakan, matikan atau putus dulu sementara koneksinya ke wifi
  4. Buka Chrome, buka http://192.168.100.1/ yang merupakan alamat modem Anda.
  5. Isian untuk Account: Support (dengan S huruf besar)
    Password: theworldinyourhand (semuanya huruf kecil)

    Simpan Acoount dan Password ini di browser, karena mungkin Anda akan sering menggunakannya.
  6. Setelah masuk, klik di "User Device Information" pada menu sebelah kiri, baris kedua dari bawah.
  7. Temukan nama MacBook Pro Anda di kolom Host Name.
    Jika tidak ada di halaman pertama, buka halaman-halaman berikutnya sampai ketemu. Catat angka terakhir dari IP address komputer Anda.
  8. Selanjutnya, perhatikan satu per satu IP Address dari perangkat yang terhubung ke modem, mulai dari halaman satu.
    Jika ada yang sama dengan IP Address MacBook Pro Anda, klik 'Delete' dan hapus perangkat itu dari daftar.
  9. Delete pula semua koneksi yang offline, kecuali repeater penguat signal jika ada, dan kecuali koneksi ke MacBook serta ponsel yang sedang Anda gunakan.
Setelah perangkat dengan IP Address sama dengan MacBook Pro dihapus, tunggu beberapa saat sampai wireless komputer Anda otomatis terhubung ke internet. Jika belum, Anda mungkin perlalu melakukan restart modem.
  1. Klik 'System Tools' pada menu atas paling kanan.
  2. Klik 'Restart'.


Anda juga bisa melakukan dengan mematikan modem secara manual, dan lalu menyalakannya lagi.

Meskipun sambungan wireless MacBook Pro kadang masih hilang, namun hal itu sudah sangat jarang terjadi. Setidaknya dengan tiga cara di atas ada pilihan solusi yang bisa dilakukan jika kembali menghadapi masalah yang sama.

Semoga bermanfaat.
, Pejalan musiman. Bagikan: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print! Follow aroengBinang! aroengBinang.com adalah blog tulisan foto perjalanan dan catatan seputar wisata Indonesia, peta wisata, hotel, seni budaya, opini, percik pikir, hiburan, serta tips blogger. Kunjungi sitemap untuk mesin pencarian dan isi blog selengkapnya. Balik ke atas ↑