Garuda Wisnu Kencana Bali

Garuda Wisnu Kencana Bali adalah sebuah kompleks taman budaya yang sangat luas, sekitar 60 hektar, dengan maskot utama Patung Garuda Wisnu Kencana berukuran raksasa yang masih terpajang dalam potongan terpisah-pisah. Taman ini terletak di Bukit Unggasan - Jimbaran, Bali, sekitar 25 km selatan Denpasar.

Ketika tiba di lokasi Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, sebelum masuk ke area taman untuk melihat patung, terlebih dahulu kami pergi melihat perbukitan kapur menarik yang berada di sekeliling taman. Areanya sangat luas dengan tebing-tebing kapur bekas ditambang manusia yang menjulang tinggi seakan mengepung setiap orang yang berkunjung.

Area ini dinamakan Tirta Agung. Di tempat ini tangan Wisnu diletakkan di samping dinding gunung kapur yang menjulang tinggi. Setelah memutari area yang dikelilingi bukit kapur yang sangat mengesankan itu, dan sempat berhenti di beberapa titik untuk mengambil foto, kami menuju ke lokasi utama Garuda Wisnu Kencana atau GWK Cultural Park. Kunjungan ini terjadi jauh sebelum diselesaikan sepenuhnya pengerjaan patung Garuda Wisnu Kencana dan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Sabtu 22 September 2018.

garuda wisnu kencana
Pemandangan pada dinding kapur keras di sekitar area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana yang tinggi dan mengelilingi bidang datar yang luas, memberi kesan tersendiri ketika melihatnya. Pembangunan rumah dan hotel serta tempat wisata lainnya di Bali tentu membutuhkan bahan baku yang tak sedikit, dan alam harus berkorban untuk memenuhi itu.

Setelah parkir kendaraan, kami melangkah ke area yang disebut sebagai Street Theater, tempat pengunjung memulai dan mengakhiri perjalanan di lokasi wosata ini. Pertunjukan juga sering diadakan di tempat ini, yang juga terdapat GWK Souvenir Shop, Food Theater, serta restoran The Beranda. Ada pula kisah Garuda Wisnu Kencana yang diukir di pada empat tembok batu.

Patung Wisnu sang pelindung di Garuda Wisnu Kencana ini berukuran sangat besar, menjulang setinggi 23 meter. Lokasi dimana patung berada disebut Wisnu Plaza, yang merupakan dataran tertinggi di kompleks taman Garuda Wisnu Kencana.

Kesenian tradisional Bali dipertunjukkan pada jam-jam tertentu di tempat ini dengan latar patung Wisnu. Panorama matahari terbit dan matahari terbenam di atas panorama Kuta, Benoa, dan Sanur bisa dinikmati dari tempat ini.

Di belakang Patung Wisnu, di dataran di bawahnya, terdapat Patung Garuda raksasa yang mestinya dipasang sebagai kendaraan Wisnu. Sayap Garuda yang belum selesai dibuat akan membentang selebar 60 meter, dan berat keseluruhan patung diperkirakan bisa mencapai 2000 ton.

Sayangnya Garuda Wisnu Kencana masih belum tersusun dengan sempurna. Lubang berbentuk persegi pada sebuah area adalah lokasi dimana patung akan diletakkan, ketika selesai nanti, yang entah kapan akan terjadi.

Aula alam raksasa berpagar dinding karang kapur yang disebut Kolam Teratai, sering menjadi tempat pertunjukan musik, seni dan budaya kolosal yang memberi efek visual yang mengagumkan serta meninggalkan kesan lama ketika penyelenggaraannya pada malam hari.

Saat itu beberapa pengunjung tampak sedang berjalan santai melewati aula raksasa yang dikelilingi pilar batu kapur, dengan patung Garuda yang megah sebagai latar belakang. Kolam teratai ini merupakan area luar ruang terbesar di Bali yang juga sering digunakan untuk pertemuan internasional, dan pesta-pesta besar.

Untuk pesta berukuran kecil sampai menengah, juga kumpul-kumpul serta acara pernikahan biasanya orang menggunakan area di Taman Garuda Wisnu Kencana yang disebut Taman Indra Loka yang memiliki panorama indah.

Saat ini juga sudah ada panggung terbuka luas, dilengkapi dengan tribun berkapasitas 800 penonton yang disebut GWK Amphitheater. Pertunjukan budaya sering digelar di tempat ini secara gratis. Amphitheater juga sering dipakai untuk pesta perpisahan, konser kecil, pertunjukan musik, dan acara lainnya.

Patung Garuda Wisnu Kencana dirancang oleh pematung terkenal Nyoman Nuarta, dan dibuat dalam studio-nya di Bandung. Patung ini terbagi dalam potongan-potongan kecil sebelum dibawa ke lokasi dan disusun kembali. Teknik pembuatannya lumayan rumit, melibatkan 1.000 pekerja dan 120 seniman di Bandung dan Bali. Selain memiliki nilai seni tinggi, patung GWK juga dibangun dengan mengaplikasikan teknologi, seperti menjalani wind tunnel test atau uji terowongan angin di Australia (Windtech) dan Kanada (RDWI), cavity test atau uji rongga, dan soil test atau uji tanah yang menjadi landasan patungnya.

Setelah rampung, Patung Garuda Wisnu Kencana merupakan monumen berukuran raksasa setinggi 121 meter, ketiga tertinggi di dunia setelah The Spring Temple Buddha di China (128 meter) dan The Laykyun Sekkya Buddha di Myanmar (sebenarnya 116 meter, namun menjadi 130 meter jika diukur dari dasarnya). Sedangkan The Statue of Liberty tingginya 93 meter. Patung ini terbuat dari tembaga dan kuningan ditopang sebanyak 21.000 batang baja seberat 2.000 ton dengan 170.000 buah baut.

Garuda Wisnu Kencana

20 foto di sini. Alamat : Bukit Ungasan, Kuta Selatan, Bali. Sekira 15 km dari Bandara Ngurah Rai, atau 25 km dari kota Denpasar. Lokasi GPS : -8.809658, 115.168242, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Harga tiket masuk : Rp.20.000 per orang, anak-anak Rp.10.000. Rujukan : Hotel di Badung, Tempat Wisata di Badung, Peta Wisata Badung.
Label : . Updated : October 19, 2018.
Author : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok. Follow : Twitter, Facebook, Subscribe, Youtube.
Share   Tweet   WhatsApp   Telegram   Email   Print!