Tutorial, WordPress

WordPress : Bagaimana Menampilkan Google Maps di Blog

Karena memiliki sebuah situs perjalanan di Aroengbinang Travelog, mau tidak mau saya harus belajar bagaimana menampilkan Google Maps di blog. Adanya sebuah peta di situs perjalanan bisa membantu untuk memberi gambaran lokasi tempat wisata yang GPS-nya telah diketahui.

Jika saja saya mau meluangkan waktu, mestinya bisa belajar lagi dan menguasai tutorial Google Map Api V3 atau versi yang lebih baru. Namun untuk saat ini saya mengambil jalan pintas saja, dengan memakai plugin. Hasilnya bisa dilihat misalnya pada Peta Wisata Bogor.

Plugin yang saya gunakan saat itu adalah Google Maps v3 Shortcode. Meskipun sekarang saya sudah tidak lagi menggunakan plugin ini, namun mungkin anda tertarik untuk mencobanya, dan siapa tahu berguna bagi para pembaca blog anda.

Langkah-langkah untuk menampilkan Google Maps di Blog
  1. Unduh plugin, install, dan aktifkan
  2. Buka Google Maps
  3. Buka My Places pada Google Maps, klik peta yang ingin ditampilkan. cari huruf "KML", klik kanan di atasnya, lalu "Copy Link Location"
  4. Buka tulisan di blog dimana anda akan menampilkan peta
  5. Pada posting, tulis script di bawah:
    [map w="468" h="400" kml="paste_data_kml_di_sini"]

    paste yang anda copy untuk menggantikan paste_data_kml_di_sini
  6. Sesuaikan lebar (w) dan tinggi (h) peta sesuai yang diinginkan
  7. Preview posting anda, dan publish jika sudah puas

Cara Menampilkan Google Maps di Blog dengan memakai plugin ini menggantikan cara menampilkan Google Maps di Blog dengan iframe yang sebelumnya saya pakai.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 26, 2017.