WordPress : Adsense di Tulisan Pertama dan Tulisan ke Sekian Halaman Muka

Oleh Bambang Aroengbinang. October 26, 2017
Tulisan ini memberi petunjuk bagaimana memasang Google Adsense di Tulisan Pertama dan Tulisan ke Sekian Halaman Muka. Umumnya, halaman muka blog atau homepage adalah salah sata halaman yang paling banyak diakses oleh pengunjung, terutama pengunjung setia sebuah blog, dan karena itu perlu diperhatikan.

Mereka yang datang karena mesin pencari pun sering ingin tahu apa yang ada di halaman muka, biasanya untuk melihat tulisan terbaru yang mungkin bermanfaat atau menarik untuk dibaca. Karenanya perlu ada cara untuk menyisipkan kode Adsense pada tulisan yang dikehendaki saja agar iklan tidak muncul di semua tulisan, oleh sebab batasan maksimal jumlah yang boleh ditampilkan, dan untuk kenyamanan pembaca.

Tulisan ini merupakan pengembangan dari tulisan sebelumnya yang berjudul Adsense di Tulisan Pertama Halaman Muka. Meski begitu banyak theme yang tersedia di WordPress self-hosted dengan karakteristik yang berbeda, namun cara ini bisa digunakan meski mungkin perlu penyesuaian dengan mencobanya sendiri.

google adsense
Untuk memasang Google Adsense di Tulisan Pertama dan Tulisan ke Sekian Halaman Muka, misalnya di tulisan pertama, tulisan ketiga, dan tulisan kelima, ikuti langkah berikut ini.

1. Login ke cPanel, buka file manager dan navigasi ke /wp-content/themes/NamaThemeAnda/ dan backup file index.php sebagai tindak pengamanan.
Selanjutnya buka (sorot, klik edit pada menu) file index.php dan temukan kode:

<?php while (have_posts()) : the_post(); ?>

2. Sisipkan script berikut ini tepat sebelum kode di atas:

<?php $adcounter = 0; ?>

3. Selanjutnya temukan kode berikut ini :
<?php endwhile; ?>

atau di beberapa theme berupa kode:
<?php $post_count++; endwhile; ?>

dan sisipkan script berikut ini tepat sebelum kode di atas:
<?php $adcounter++; ?>

4. Berikutnya adalah kode Google Adsense di tempat yang anda inginkan, misalnya tepat setelah <?php the_content(); ?>, atau setelah judul, dengan menggunakan kode:

<?php if ($adcounter == 0 || $adcounter == 2 || $adcounter == 4) : ?>
Kode AdSense anda di sini
<?php endif;?>


5. Agar muncul di tulisan yang dikehendaki, ganti angka 0 (tulisan pertama), 2 (tulisan ketiga), dan 4 (tulisan kelima) ke angka yang dikehendaki, misalnya 0, 3 (tulisan keempat), dan 5 (tulisan keenam). Simpan, lihat hasilnya.

Adsense di Tulisan Pertama dan Tulisan ke Sekian Halaman Muka

Sebagai catatan penutup, jika kode di atas tak bekerja, teliti lagi apakah semua kode telah ditulis dengan benar, termasuk script Adsense-nya. Ada baiknya mencoba memasang script di atas pada blog "dummy", dan ketika berhasil baru dipasang pada blog utama. Selamat mencoba.
Label : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.