Jawa Barat, Karawang, Situs

Situs Kuta Tandingan Karawang

Lokasi Situs Kuta Tandingan Karawang berada di Desa Mulyasejati, Kecamatan Ciampel, sekitar 38 km dari ibukota Kabupaten Karawang. Diduga situs ini adalah peninggalan sebuah kerajaan kecil bernama Kerajaan Kuta Tandingan Jaya yang berada dibawah pengaruh Kerajaan Pajajaran.

Konon Kerajaan Kuta Tandingan Jaya itu diperintah oleh Patih Panatayuda, yang dibantu Patih Purnakuta dan Patih Mangkubumi, serta penasehat Pamanah Rasa dan Jaksa Imbang Kencana. Ketika kekuasaan Pajajaran mulai redup, Kerajaan Kuta Tandingan Jaya diambil alih oleh Syech Maulana Yusuf dari Kesultanan Banten.

Di sekitar Situs Kuta Tandingan inilah Senopati Kertabumi III (ayah Prabu Singaperbangsa) mendirikan Kadipaten Karawang. Daerah yang sekarang menjadi Desa Mulyasejati dahulu dikenal sebagai udug-udug.

Situs Kuta Tandingan

Alamat : Desa Mulyasejati, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang. Rujukan : Hotel di Karawang, Tempat Wisata di Karawang, Peta Wisata Karawang.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juli 23, 2017.