Bali, Denpasar

Pulau Serangan Denpasar

Pulau Serangan Denpasar berada di wilayah Kota Denpasar yang bisa dicapai melewati jembatan yang menghubungkan daratan Pulau Bali dengan Pulau Sarangan pada saat laut sedang surut. Selain itu pengunjung juga bisa menggunakan kapal dari Sanur, Suwung atau Tanjung Benoa.

Di Pulau Serangan pengunjung bisa melihat budidaya rumput laut yang dikembangkan warga sekitar. Rumput-rumput laut itu mengapung dan diberi penanda panen dengan bekas botol air mineral. Rumput laut dipilah untuk diekspor sebagai bahan produk kecantikan dan bahan agar-agar, atau untuk konsumsi domestik sebagai bahan sayur. Di Pantai Sanur ada kuliner yang disebut bolung, semacam rujak rumput laut dengan kuah ikan dan dihidangkan bersama ketupat atau tipat.

Di Pulau Serangan seluas sekitar 73 hektar ini pengunjung juga bisa datang ke Balai Konservasi Penyu, dimana terdapat tempat penetasan telur penyu sisik dan penyu hijau, kolam-kolam tukik atau anak penyu, dan kolam penyu dewasa. Setelah berusia 25 tahun, penyu dikeluarkan dari kolam dan diletakkan di pantai agar bertelur. Penyu tertua saat ini masih berusia 15 tahun.

Pulau Serangan juga memiliki hutan bakau, namun kelestarian ekosistemnya sudah sedikit terganggu. Lokasi menarik lainnya adalah Pura Dalem Sakenan, dan menikmati kuliner hidangan laut di bawah langit terbuka, terutama ikan bakar dan sup kepiting.

Pulau Serangan Denpasar

Alamat : Denpasar, Bali. Lokasi GPS : -8.7288356, 115.2330208, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Denpasar, Tempat Wisata di Denpasar, Peta Wisata Denpasar.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juni 24, 2017.