Cirebon, Jawa Barat, Makam

Makam Syekh Magelung Sakti Cirebon

Makam Syekh Magelung Sakti Cirebon berada di Desa Karangkendal, Kabupaten Cirebon. Ia mendapat julukan Magelung karena memiliki rambut sangat panjang serta memiliki ilmu kesaktian sangat tinggi. Hanya Sunan Gunung Jati yang bisa mengalahkannya dan memotong rambutnya.

Syekh Magelung Sakti kemudian menjadi murid Sunan Gunung Jati dan menjadi penyebar agama Islam. Syekh Magelung juga dikenal sebagai Syarif Syam, Pangeran Soka, dan Pangeran Karangkendal. Ada yang menyebutnya berasal dari Syria, ada pula yang menyebutnya berasal dari Yaman.

Dengan kesaktiannya Syekh Magelung Sakti berhasil mengalahkan Nyi Mas Gandasari yang kemudian menjadi isterinya. Tidak diketahui mengapa makam mereka terpisah cukup jauh, sekitar 22 km.

Di kompleks Makam Syekh Magelung Sakti ini juga terdapat sebuah sumur tua yang dikeramatkan, padasan (tempat berwudlu), pendopo, serta beberapa peninggalan lainnya.


Makam Syekh Magelung Sakti

Alamat : Desa Karangkendal, Kapetakan, Cirebon. Lokasi GPS : -6.578956, 108.504285, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Cirebon, Hotel Murah di Cirebon, Tempat Wisata di Cirebon, Peta Wisata Cirebon


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juni 24, 2017.