Cirebon, Jawa Barat, Makam

Makam Kramat Talun Cirebon

Makam Kramat Talun Cirebon berada di Desa Cirebon Girang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, dengan peninggalan sebuah masjid yang awalnya berupa surau, dan Makam Embah Kuwu Sangkan yang oleh Tjetjep Rosmana dalam tulisan "Kajian Mitos: Motivasi Peziarah Pada makam Keramat Embah Kuwu Sangkan Cirebon Girang" disebutkan sebagai anak sulung Prabu Siliwangi dari perkawinannya dengan Nyai Mas Subanglarang, putri Mangkubumi Mertasinga Cirebon.

Menurut tulisan itu Embah Kuwu Sangkan dilahirkan pada 1423 di Keraton Pajajaran, namun saat remaja ia meninggalkan keraton bersama adiknya, Nyai Mas Ratu Rara Santang, karena keyakinan yang berbeda dengan ayahnya.

Situsweb Disparbud Jabar menyebutkan bahwa makam itu adalah penimbunan barang pusaka, dan terdapat tinggalan berupa batu monolit dan batu menhir.

Mungkin akan menarik untuk mengkaji lagi situs peninggalan masa lalu ini untuk menyingkap lebih banyak kisah tentang peristiwa bersejarah yang terjadi di seputarnya.


Makam Kramat Talun Cirebon

Alamat : Desa Cirebon Girang, Kec Cirebon Selatan Cirebon. Lokasi GPS: -6.7731243, 108.5046979, Waze. Rujukan : Hotel di Cirebon, Hotel Murah di Cirebon, Tempat Wisata di Cirebon, Peta Wisata Cirebon


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juni 23, 2017.