Cirebon, Jawa Barat, Makam

Makam Keramat Megu Cirebon

Makam Keramat Megu Cirebon lokasinya berada di Desa Megu, Plered, Kabupaten Cirebon, berada di tengah Masjid Keramat Megu, dikelilingi tembok rendah bercat merah bata bergaya khas Majapahitan. Makam Keramat Megu merupakan makam Ki Buyut Megu, tokoh penyebar agama Islam di wilayah Megu dan sekitarnya yang konon hidup pada masa Pangeran Cakrabuana (…. –1479), paman Sunan Gunung Jati.

Seorang kenalan di Twitter yang berasal dari daerah Megu menyebutkan bahwa Masjid Keramat Megu sebenarnya lebih dikenal oleh masyarakat Desa Megu ketimbang Makam Keramat Megu, dan makam tersebut sesungguhnya adalah sebuah petilasan, bukan merupakan makam yang aseli.

Bisa dimaklumi bawah masjid lebih banyak dikunjungi ketimbang makam, kecuali jika generasi tua tak lupa menularkan kisah sejarah yang membuat orang tertarik dan menghormati makamnya.

Lokasi makam masih merupakan perkiraan, lantaran saya sendiri belum sempat berkunjung ke sana. Semoga saja tidak meleset terlalu jauh.


Makam Keramat Megu Cirebon

Alamat : Desa Megu, Plered, Cirebon. Lokasi GPS : -6.716043, 108.50369, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Cirebon, Hotel Murah di Cirebon, Tempat Wisata di Cirebon, Peta Wisata Cirebon


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juni 23, 2017.