Arung Jeram, Garut, Jawa Barat, Sungai

Arung Jeram Sungai Cikandang Garut

Tujuan wisata Arung Jeram Sungai Cikandang Garut berada di Desa Sukamulya, berjarak 36 km dari kota Kecamatan Pakenjeng. Arung Jeram Sungai Cikandang berada di kaki Gunung Papandayan, dengan panjang sungai mencapai 28 km dan lebar antara 5-8 meter. Rata-rata tinggi arus di Sungai Cikandang ini adalah 1-2 meter.

Alir air Sungai Cikandang dimulai dari kawasan Gunung Cikuray dan Gunung Papandayan, melewati perkebunan teh, berujung di pantai di wilayah Garut Selatan. Awal perjalanan Arung Jeram Sungai Cikandang sendiri dimulai di Kampung Sindang Ratu, Desa Sukamulya dan berakhir di Pantai Cijayana, menempuh jarak 16 Km yang membutuhkan waktu sekitar 5 jam.

Arung Jeram Sungai Cikandang memiliki tingkat kesulitan III - IV, dengan kemiringan sungai bervariasi dari landai sampai curam, serta jeram dengan tingkat kesulitan tinggi, sehingga bisa sangat berbahaya bagi para pemula.

Diantara jeram yang akan dilalui adalah Jeram Bangkai, Jeram Sobek, Jeram Erlan Hole, Jeram Tepung, Jeram Batu Nunggul, Jeram Panjang, Jeram Anis, Jeram Parakan Lubang, serta Jeram Goodbye.

Di musim kemarau Arung Jeram Sungai Cikandang masih bisa dilakukan, meskipun debit air Sungai Cikandang cenderung surut, namun penikmat masih bisa menjumpai jeram dengan tingkat kesulitan III. Arung Jeram Sungai Cikandang kabarnya menjadi tempat latihan rutin Wanadri.

Tumbuhan di tepian sungai yang menonjol adalah pohon pohon kelapa, kayu albasiah, bambu dan kayu hutan lain. Monyet dan beberapa jenis burung juga bisa terlihat saat melintas di beberapa tempat.

Untuk mencapai Desa Sukamulya, selain bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi, pejalan bisa naik mikro bus dari Garut ke Pameungpeuk.


Arung Jeram Sungai Cikandang

Alamat : Desa Sukamulya, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut. Rujukan : Hotel di Garut, Peta Wisata Garut, Tempat Wisata di Garut.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Januari 23, 2018.