Air Terjun, Bogor, Jawa Barat

Curug Ngumpet

Curug Ngumpet Bogor merupakan air terjun sedang di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kabupaten Bogor. Air terjun dan kawasan hutan lindung yang sangat luas ini barangkali belum seterkenal dan tidak semaju daerah Puncak yang sudah jauh lebih dulu populer.

Namun kawasan hutan lindung ini menawarkan pengalaman unik, bagi yang suka udara segar di hutan rindang yang aman, bersantai di perkemahan, atau jelajah ringan sampai berat ke curug. Curug Ngumpet yang indah ini ditempuh dalam waktu 2-3 jam dari Jakarta, arah ke Selatan.

Seharusnya saya sudah mengunjungi curug elok ini pada awal-awal saya mengenal daerah di kawasan taman nasional ini. Namun nama air terjunnya yang terdengar tidak begitu merdu ditelinga telah membuat saya dengan sengaja melewatinya ketika itu. Nama, sebagaimana penampilan, kadang bisa juga menipu orang.

Beberapa pengunjung tampak tengah menikmati suasana di bagian depan Curug Ngumpet Bogor ketika kami tiba. Saya merasa cukup beruntung ketika berada di area air terjun ini karena cuaca cukup baik. Air tidak begitu deras dan angin tidak begitu kencang sehingga tidak sampai membawa kabut air yang bisa membasahi tubuh dan terutama kamera.

Lokasi tempat wisata ini bisa ditempuh hanya beberapa menit dengan berjalan kaki dari tempat parkir kendaraan di tepi jalan di kawasan yang masuk dalam wilayah Desa Gunungsari - Bogor, dengan lintasan yang relatif mudah. Saat itu di sekitar area air terjun keadaannya masih benar-benar alami, apa adanya, alias tak ada apa-apa di sana.

Batu-batu besar berwarna coklat tua kehitaman terlihat di dekat saya berdiri, menjadi penguat bagi komposisi batuan yang ditumbuhi lumut hijau terang di latar tengah, dinding tebing berlumut dengan tumbuhan paku-pakuan di sisi kiri, dan rambatan air yang jatuh dari puncak tebing terlihat halus seperti sutera.

Dengan batuan besar terserak di mana-mana di sepanjang sungai yang membuat saya mudah menemukan tempat aman untuk meletakkan kamera saat memotret dengan kecepatan rendah agar mendapatkan gambar Curug Ngumpet Bogor yang halus. Sebuah trik yang suka saya lakukan ketika sedang tidak membawa tripod.

Berfoto diantara bebatuan yang berlumut warna kehijauan segar di latar depan memberi kontras yang indah dengan warna air Curug Ngumpet Bogor yang putih keperakan di belakangnya. Bagi pasangan pejalan, foto prewed di tempat wisata ini mungkin memberi nuansa berbeda. Setidaknya ada kesan alami kuat yang bisa ditangkap oleh kamera.

Jika langit di atas Gunung Salak sana tidak terlihat gelap dan hari masih cukup pagi, maka bermandi-mandi di kolam curug yang ada di bawah air terjun bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Namun jika sudah lewat siang hari biasanya hujan mulai turun, meski bukan di tengah musim penghujan sekalipun.

Saya sempat mengambil foto yang memperlihatkan kolam kecil di bawah air terjun Curug Ngumpet Bogor serta menampilkan beningnya air yang merendam bebatuan kecil di latar depan. Di sisi sebelah kanan aliran sungai juga terdapat tebing yang menjadi ujung jalan yang dilalui pengunjung. Di atas sungai ada titik alami yang nyaman di bawah sebuah pohon untuk menikmati suasana di sekeliling curug.

Air terjun ini terlihat indah dengan semua keasliannya, meskipun sekarang mungkin sudah ada bekas tangan manusia di sana. Airnya yang jernih turun dari atas tebing yang tinggi, dan jatuh ke dalam kolam di dasarnya mampu menimbulkan suara enak di telinga. Kabut air kadang memberi rambatan kepada berkas sinar matahari yang menyelusup dari sela pepohonan.

curug ngumpet bogor curug ngumpet bogor curug ngumpet bogor curug ngumpet bogor curug ngumpet bogor curug ngumpet bogor curug ngumpet bogor curug ngumpet bogor curug ngumpet bogor curug ngumpet bogor curug ngumpet bogor curug ngumpet bogor curug ngumpet bogor curug ngumpet bogor curug ngumpet bogor curug ngumpet bogor curug ngumpet bogor curug ngumpet bogor curug ngumpet bogor curug ngumpet bogor

Hemat saya, Curug Ngumpet merupakan salah satu curug yang wajib kunjung jika sudah berada di salam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Jaraknya yang dekat dan pemandangan sekitar yang alami dan indah, serta ukuran curug yang cukup besar menjadi alasan kuat untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan berkunjung ke tempat ini.

Lokasi Curug Ngumpet berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan Bogor. Lokasi GPS : -6.696618, 106.689477, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Jam buka : sepanjang hari. Harga tiket masuk : gerbang TNGHS Rp.5.000, curug Rp.7.500. Hotel di Bogor, Hotel di Bogor Kota, Peta Wisata Bogor, Tempat Wisata di Bogor.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Maret 24, 2021.