Padang, Sumatera Barat, Tempat Wisata

Tempat Wisata di Padang

Tulisan ini merupakan catatan lengkap daftar Tempat Wisata di Padang, sedangkan Peta Wisata Padang dibuat secara terpisah. Hari jadi Kota Padang adalah 7 Agustus 1669, hari dimana terjadi penyerbuan heroik para pejuang ke Loji Belanda di Muara Padang.

Sebelum abad ke-17, Padang dihuni oleh nelayan, petani garam, dan para pedagang. Suku Aceh adalah yang pertama datang ke daerah ini setelah Malaka direbut Portugis pada akhir abad ke-16. Sejak itu pantai-pantai Sumatera Barat menjadi pelabuhan penting karena posisinya dekat dengan pusat penghasil lada, cengkeh, buah pala, dan emas.

Tempat Wisata di Padang


Air Terjun Sarasah Banyak Gariang

Di Ulu Gadut, Desa Koto Baru, Limau Manis Selatan, Kec Pauh, di kaki Bukit Sarasah, dengan ketinggian 60 m. Jaraknya 2 km dari LIK Gadut, dan medannya tidak begitu sulit.

Air Terjun Sikayan Balumuik

Ada di Bukit Sarasah, Desa Koto Baru, Gadut, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kec Pauh, di punggung Bukit Barisan, 17 Km arah ke timur dari Kota Padang, dengan ketinggian 90 m.

Air Terjun Tiga Tingkat

Desa Koto Lubuak Hitam, Cindakia, di kaki Bukit Barisan, di kawasan Bungus Teluk Kabung, sekitar 25 Km di Selatan Kota Padang.

Batik Tanah Liek Padang

Tempat Wisata belanja kain tradisional di Padang yang berada di Jalan Sawahan Dalam 33 berupa kerajinan batik Padang dengan pewarna tanah liat unik.

Bunker Jepang Gunung Padang

Peninggalan perang di kaki Gunung Padang, yang saya jumpai dalam perjalanan mendaki bukit ke Makam Siti Nurbaya.

Gedung Bank Indonesia

Tempat wisata heritage di Padang yang berada di tepi Jembatan Siti Nurbaya, dengan gaya bangunan kolonial yang telah direnovasi ke bentuk aslinya.

Gunung Meru

Di pinggir jalan setelah melewati Pelabuhan Teluk Bayur, 12 km dari kota Padang. Monyet-monyet berjalan berseliweran di pinggir jalan, atau bergelantungan pada pohon.

Jembatan Siti Nurbaya

Membentang 60 m atas Batang Arau, menghubungkan Tempat Wisata di Padang di wilayah Kota Tua Padang dengan Gunung Padang.

Kelenteng See Hien Kiong Padang, Tempat Wisata di Padang spiritual di Kota Tua, didirikan 1905. Sebelumnya bernama kelenteng Kwan Im, berdiri 1841, namun terbakar.

Makam Siti Nurbaya

Gunung Padang, yang membuat saya menapaki undakan Gunung Padang agar bisa melihatnya.

Masjid Raya Ganting

Jalan Ganting yang merupakan masjid tertua di Kota Padang, dibangun pada 1810.

Museum Adityawarman

Jl Diponegoro 10, merupakan tempat terakhir yang saya kunjungi saat berada di kota itu.

Pantai Padang

Tempat wisata di Padang bagi penggemar aroma laut yang berada di pinggir kota, dengan panorama matahari senja indah, warung, penjual telur penyu, dan cafe.

Arak-arakan awan di langit sering menjadi penguat suasana alam menjelang tenggelamnya matahari di bawah garis pandang. Buih ombak berkejaran di tepian Pantai Padang, yang debur suaranya menjadi musik latar yang indah bagi para pengunjung.

Pantai Air Manis

Di ujung kirinya terdapat Batu Malin Kundang, di tengah susunan batu menyerupai kapal.

Pantai Carolina

Di kawasan Teluk Bungus dengan pasir putih, dan tikar di bawah pohon menunggu pengunjung.

Pantai Nirwana

Tempat Wisata di Padang dengan pantai pasir putih, diteduhi pohon kelapa, dengan pemandangan kapal tradisional.

Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus

Berada diantara Pantai Nirwana dan Pantai Carolina. Suasana sangat sepi ketika saya di sana.

Pulau Sikuai

Kec. Bungus Teluk Kabung yang merupakan pulau terbesar di pesisir barat Sumatera Barat, salah satu dari 19 pulau yang masuk wilayah Kota Padang.

Pantai Sungai Pisang

Nerupakan daerah perlindungan laut dan kampung nelayan, dengan pantai pasir putih dan tebing, 30 menit dari Pelabuhan Bungus. Ke Pulau Sikuai hanya 10 menit.

Taman Hutan Raya Bung Hatta

Berada di daerah perbukitan, 23 Km arah ke Solok, dengan pemandangan berbagai jenis flora dan fauana, serta pemandangan ke arah laut.

tempat wisata di padang tempat wisata di padang tempat wisata di padang tempat wisata di padang

Festival di Padang


Festival Cap Go Meh

Diselenggarakan sekitar bulan Februari, dimeriahkan dengan penampilan atraksi Barongsai, parada tarian Singa, atraksi Wushu, marching band, dll.

Padang Travel Mart

Sekitar bulan September, yang merupakan event pasar pariwisata terbesar di provinsi Sumatera Barat.

Tour de Singkarak

Lomba balap sepeda di Sumatera Barat yang berlangsung antara bulan April - September yang diselenggarakan sejak tahun 2009 oleh International Bicycle Association (Union Cycliste International).

Uda - Uni Sumatera Barat

Sekitar bulan November yang bertujuan untuk melestarikan dan mempromosikan budaya dan pariwisata Sumatera Barat.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! September 12, 2017.