Foto Masjid Tambora 1

aroengbinang.com - Ukiran pada risplang menurut Cecep berbentuk hiolo walaupun tak ada hionya, selain ukiran bunga dan dedaunan. Dulu banyak keramik Cina di sekitar masjid. Tak jelas kaitan ukiran hiolo dan keramik Cina itu dengan sejarah Masjid Jami Tambora.

masjid jami tambora jakarta

Samping depan Masjid Jami Tambora Jakarta Barat dengan limasan tumpang. Sebelum bernama Jl Tambora Masjid, jalan di depan masjid bernama Jl. Blandongan. Kanopi didirikan di jalan untuk peneduh sholat Jumat dan sholat hari raya.

masjid jami tambora jakarta

Lima baris tulisan Arab gundul di atas dasar berbentuk segitiga yang dupasang di atas dinding lengkung ruang imam. Ornamen pada lubang hawa berwarna hijau jamrud itu terlihat cukup baik.

masjid jami tambora jakarta

Angka Arab di atas lubang lengkung tempat imam shalat dan mimbar kayu jati masjid yang berbunyi 1811. Lampu gantung dari tembaga tampak di bagian atas.

masjid jami tambora jakarta

Kebanyakan masjid kuno sokogurunya terbuat dari kayu jati yang akan rusak seiring dengan lewatnya waktu. Ada banyak masjid yang kemudian menggantinya dengan beton, sebagaimana masjid ini.

masjid jami tambora jakarta