Foto Kelenteng Kong Miao 1

Bangunan utama Kelenteng Kong Mioa berbentuk segi empat yang disebut Da Cheng Dian, melambangkan manusia, ditopang 8 buah tiang naga dan 8 pilar utama. Di sebelah kanan gedung ada altar Tian Tan (Tuhan Yang Mahaesa) berbentuk bundar beratap susun tiga.

kelenteng kong miao tmii jakarta

Tampak depan Qi Fu Dian (Klenteng Keberkahan) di kompleks Klenteng Kong Miao, dengan patung sepasang naga berebut mustika (Ji Liong Jio Cu) di atas atap depan. Sedangkan atap bagian belakang berhias sepasang suluran.

kelenteng kong miao tmii jakarta

Di sebelah atas terlihat hiolo Dewa Langit diapait sepasang naga, dan beratap segi delapan dengan kepala naga di setiap sudutnya. Pilar-pilar naga terlihat di samping belakang kiri kanannya. Di bawahnya terdapat tulisan Tionghoa, dan lalu tulisan "Kelenteng Kong Miao Rumah Ibadat Agama Khonghucu). Patung Kilin di depannya, prasasti peresmian yang ditandatangani Situ Hardianti Rukmana pada 23 Desember 2010, dan penjelasan mengani mahluk Kilin pada dinding depan.

kelenteng kong miao tmii jakarta

Pemandangan yang lebih dekat pada ukiran pada kursi yang dibuat dengan detail sangat indah. Dua kursi di sebelah kiri sandaran tangannya berukir kepala naga, sedangkan di di sebelahnya berukir kepala burung Garuda. Keempat kaki meja berukir kepala burung Garuda juga di bagian atasnya. Saya kira ini merupakan sebuah mahakarya ukir yang sangat luar biasa. Kursi dan meja ini tampaknya digunakan oleh para petinggi umat dalam acara ibadah bersama.

kelenteng kong miao tmii jakarta

Ada satu patung Kong Hu Cu berukuran besar dan dua lagi berukuran lebih kecil. Bunga tiruan dalam keranjang rotan diletakkan di sisi kiri kanan meja altar. Ajaran Kong Hu Cu selain mementingkan moralitas pribadi dan pejabat pemerintahan, yang berdasar pada sifat-sifat tradisonal Tionghoa. Salah satu kata bijak Kong Hu Cu adalah "Orang yang luar biasa itu sederhana dalam ucapan, tetapi hebat dalam tindakan".

kelenteng kong miao tmii jakarta

©2020 aroengBinang