Foto Vihara Dharma Suci 3

Seperti lazimnya kebanyakan altar sembahyang seperti ini, ada sejumlah patung di sana dengan satu diantaranya berukuran besar dan patung lainnya jauh lebih kecil ukurannya. Patung yang kecil bisa merupakan patung yang sama dengan penampilan dan pakaian yang berbeda, atau bisa pula patung dewa lain yang tingkatannya lebih rendah, pengawal misalnya.

vihara dharma suci manggar belitung timur

Pakkung (Dewa Bumi, Hok Tek Ceng Sin, Fu De Zheng Shen) adalah dewa yang menjadi tuan rumah utama di Vihara Dharma Suci Manggar ini, karena itu nama asli tempat ibadah ini adalah Kelenteng Pakkung Miaw. Terdapat sebuah hiolo berwarna kuning keemasan, tepat diletakkan di depan patung ini.

vihara dharma suci manggar belitung timur

Patung ini ada di sebuah relung di bawah altar utama Vihara Dharma Suci Manggar, pada lantai ruangan, dan karenanya merupakan patung Dewa Bumi lokal (Phek Kong, Tu Di Gong), yaitu dewa bumi yang menguasai tanah lokal. Setiap tempat memiliki Tu Di Gong berbeda, dan mereka adalah golongan dewa berkedudukan paling rendah dan dikenal sebagai yang paling dekat dengan manusia.

vihara dharma suci manggar belitung timur

©2020 aroengBinang