Foto Rumah Si Pitung 1

aroengbinang.com - Pemandangan bagian dalam Rumah Si Pitung Marunda dengan ruang tamu berada di sisi sebelah kanan. Sebuah lukisan menggantung pada dinding kayu, dan di tengah ruangan tamu ini terdapat lampu minyak tradisional yang digantung di langit-langit ruangan. Lantai asli rumah panggung terbuat dari bambu, dan penggantian menjadi lantai kayu dilakukan pemerintah DKI pada tahun 1972.

rumah si pitung marunda

Kamar tidur di Rumah Si Pitung dengan tempat tidur berkelambu yang lazim dipasang pada jaman dahulu dulu untuk pelindung dari gigitan nyamuk ketika tidur. Kini sudah sangat jarang terlihat ada kelambu di rumah penduduk, dan jika pun ada biasanya hanya dipasang pada boks bayu. Sebuah meja rias dengan cermin bundar tampak berada di sebelah kiri.

rumah si pitung marunda

Serambi belakang Rumah Si Pitung yang dibatasi pagar bergaya oriental. Menggantung pada blandar adalah caping, tampah, bubu penangkap ikan, dan jala.

rumah si pitung marunda

Sisi kanan serambi belakang Rumah Si Pitung yang memperlihatkan lubang jendela dengan tulisan "Pintu Keluar" di atasnya, namun tak ada pintu di sana. Di pagi atas senja hari tampaknya enak duduk di amben bambu menikmati suasana di sana.

rumah si pitung marunda

Kursi dan meja makan di ruang makan Rumah Si Pitung dengan beberapa kendi tanah liat di atasnya. Sebuah foto lawas tampak dipasang di dinding ruangan.

rumah si pitung marunda