Foto Rumah Kelahiran Bung Hatta 4

Foto Bung Hatta dengan pakaian lengkap, serta teks proklamasi tulis tangan di sebelah kiri dan yang versi ketikan di sisi sebelah kanan. Ada satu buah karikatur di bawah foto Bung Hatta yang berjudul "Hatta dan Dua Warna". Hatta berdiri menjunjung bendera Merah Putih, diapit oleh seorang pria gemuk yang memegang bendera Amerika, dan seorang pria lainnya lagi yang memegang bendera Rusia, melambangkan keteguhan Hatta untuk tetap mempertahankan sang Dwi Warna.

rumah kelahiran bung hatta bukittinggi

Uni Desi tengah berbincang dengan Fenty, penulis dan pekerja media. Pada dinding di belakangnya ada foto paman bung Hatta, serta sejumlah dokumentasi foto saat bung Hatta meninggal di Jakarta. Ia wafat pada tahun 1980 dan dimakamkan di Tanah Kusir, Jakarta. Pada tanggal 23 Oktober 1986 Bung Hatta ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia.

rumah kelahiran bung hatta bukittinggi

Lumbung Padi Aminah yang berada di samping belakang Rumah Kelahiran Bung Hatta. Aminah adalah ibu Bung Hatta. Di belakangnya terdapat lumbung padi Saleh, paman Bung Hatta. Di depan lumbung padi ini terdapat lesung batu. Lumbung padi bukan hanya sebagai simpanan untuk dimakan, namun juga sebagai tabungan yang sewaktu-waktu bisa dijual, dipinjamkan atau diberikan kepada yang membutuhkan.

rumah kelahiran bung hatta bukittinggi

Rumah Kelahiran Bung Hatta dilihat dari arah belakang. Rumah ini terlihat indah dan menarik karena menggunakan bahan tradisional yang sangat lekat dengan budaya lokal. Lingkungannya pun terawat dengan baik.

rumah kelahiran bung hatta bukittinggi

Sebuah sepeda antik peninggalan keluarga yang disimpan di sebuah kamar yang terlihat masih rapi dan bersih, lengkap dengan meja dan lemari kayu.

rumah kelahiran bung hatta bukittinggi

©2020 aroengBinang