Foto Pura Kilisuci 1

Hiasan dan pakaian pada Arca Dewi Kilisuci ini sangat indah dan halus, dengan kombinasi warna serasi dan mempesona. Pada kepalanya terdapat makuta dengan bentuk stupa di puncaknya serta matahari di belakangnya. Tangan kirinya memegang kendi, mungkin berisi air suci. Arca ini dikelilingi empat arca dewa berukuran kecil di keempat titik sudut bawahnya, yang mengingatkan saya pada bentuk wajah dan tubuh Batara Narada dalam cerita pewayangan, dan mungkin dimaksudkan sebagai representasi Mpu Bharada, penasehat spiritual Airlangga.

pura penataran agung kilisuci selomangleng kediri

Halaman samping yang berada di wilayah bagian luar Pura Penataran Agung Kilisuci yang disebut Nista Mandala atau Jaba Sisi terlihat cukup luas, dengan pohon beringin cukup rimbun di bagian tengahnya, dan sebuah pendopo atau bale yang cukup besar dan tinggi. Beberapa buah lemari, papan pengumuman dan dua buah gong terlihat di sana.

pura penataran agung kilisuci selomangleng kediri

Penampakan lebih dekat pada gerbang masuk candi bentar cukup tinggi dan besar yang ada di tepi Jalan Selomangleng. Pagar besinya yang tertutup membuat kami masuk dari jaba luar di sisi samping kiri pura. Sepasang arca dwarapala yang berjaga di depan gerbang terbuat dari batu putih, dengan gada diletakkan di depan lututnya pada posisi tegak.

pura penataran agung kilisuci selomangleng kediri

©2020 aroengBinang