Foto Pemandian Cikoromoy

Anak-anak tampak tengah menikmati air alam di kolam Pemandian Cikoromoy Pandeglang yang sejernih kristal dan terasa dingin segar karena berasal langsung dari daerah pegunungan. Kucuran air kolam pemandian yang sepertinya tidak pernah terhenti mengalir ini berasal dari pegunungan Pulosari di wilayah Kabupaten Pandeglang.



Seorang gadis kecil dengan wajah sumringah dan sedap dipandang terlihat tengah bermain di Pemandian Cikoromoy Pandeglang, bercengkerama dengan teman-temannya. Kolam sering menjadi tempat dimana komunikasi dan pertemanan bisa dibangun dengan mudah, karena suasananya yang sangat memungkinkan.



Sembari makan, selain terhibur dengan anak-anak yang tengah bermain di pemandian, kami juga dihibur oleh gerombolan ikan Koi yang diternakkan dalam kolam dangkal jernih di bawah dan di samping warung, menggunakan aliran air yang mengalir dari dalam kolam Pemandian Cikoromoy Pandeglang. Ikan-ikan untuk disantap para pengunjung juga dipelihara di aliran air di bawah warung-warung makanan. Meski saat itu lingkungannya masih terlihat kurang ditata dengan baik namun tak menjadi halangan untuk kami duduk di salah satu warung sambil menikmati suasana.



Pemandangan dari area di depan loket Kolam Pemandian Cikoromoy Pandeglang dengan hijau pepohonan yang menyejukkan mata serta biru pegunungan di belakang sana. Area parkir yang lumayan luas ini agak masuk ke dalam dari jalan yang sempit itu. Jika jalan itu tidak juga diperlebar maka akan sangat menyulitkan pengunjung di kala musim libur.



Pemandangan kota Pandeglang dalam perjalanan menuju Pemandian Cikoromoy dengan latar belakang pegunungan yang indah. Sayang kami hanya lewat, sehingga tak berkesempatan untuk melihat apa saja yang menarik di kota ini.



Tugu Kota Pandeglang dengan latar belakang gunung menghijau menciptakan pemandangan indah bagi siapa pun yang baru pertama kali lewat di kota ini, sebagaimana halnya kami.



Pemandangan elok sawah menghijau dan gunung membiru di kejauhan adalah yang kami lihat dalam perjalanan menuju ke Pemandian Cikoromoy di Pandeglang.



Seorang anak lelaki tengah memamerkan kepandaiannya dalam membuat lompatan sebelum tercebur ke dalam kolam Pemandian Cikoromoy. Sementara itu seorang teman lainnya tengah bersiap-siap melakukan hal yang sama.



Tumpukan ban sewa tampak teronggok di pinggiran kolam di depan sebuah warung makan. Ada cukup banyak warung makan sederhana di tempat ini, namun sepertinya tidak semua siap melayani jika bukan akhir pekan.



Air Pemandian Cikoromoy benar-benar jernih, dan air di dalam kolam itu terus diisi dengan air baru dari pegunungan sehingga selalu segar. Meskipun demikian dasar kolam masih perlu dibersihkan di sana-sini.



Meskipun terlihat agak jauh dari gunung namun hawa di Pemandian Cikoromoy ini sejuk, meskipun siang hari. Kolam luas dan air yang dingin segar juga membantu menciptakan suasana yang nyaman di sekitar pemandian.



Tiga ekor ikan dengan warna sisik yang berbeda-beda terlihat melayang di kolam yang airnya sangat jernih, sehingga ikan dan kotoran di dasar kolam bisa terlihat dengan sangat jelas.



Seekor ikan emas tampak sangat kontras dengan ikan lainnya yang berwarna abu-abu gelap. Jernih air membuat kotoran yang ada di dasar air juga terlihat dengan jelas. Sebuah tantangan buat pengelola untuk membersihkannya.



Ternyata bukan hanya berendam dan bermain air di Cikoromoy, namun bisa juga memancing ikan sebagaimana dilakukan oleh anak-anak itu. Tampaknya hanya ikan kecil yang mereka tuju, sekadar untuk bermain menghidupkan waktu.



Cukup banyak ikan yang bergerombol di bawah tempat kami duduk, dan rata-rata berukuran cukup besar. Sisa makanan dari para pengunjung saya kira merupakan makanan tambahan buat mereka. Hanya saja kejernihan air memang patut dijaga.



Kelebihan dari kolam ikan ini adalah airnya yang terus mengalir sehingga selalu baru dan segar, membuat ikan pun tidak mengalami kesulitan akan oksigen. Apalagi hawa di tempat ini lumayan dingin.



Pemandangan pada kawanan ikan lainnya yang memperlihatkan jernihnya air sehingga kotoran yang mengendap di dasar air pun bisa terlihat dengan jelas.



Seorang anak perempuan terlihat tengah memicingkan matanya karena sinar matahari yang menerpa wajahnya. Meskipun matahari telah meninggi, namun hawa di Cikoromoy tetap terasa sejuk dan nyaman.



Air kolam Cikoromoy yang dingin akan sangat terasa kesegarannya ketika dibasuhkan ke muka, seperti yang dilakukan oleh anak perempuan ini. Air yang melimpah mengalir membuat air kolam selalu berganti dengan yang baru dan menjaga kesegarannya.



Begitulah nikmatnya bermain ketika ada kawan yang menemani, setidaknya bisa bertukar cerita dan tawa seperti kedua anak perempuan ini.



Meskipun sangat menyenangkan untuk bermain bersama keluarga di tempat ini, namun sebaiknya anda pergi ke sana tidak pada hari libur nasional. Itu karena anda bisa terjebak dalam kemacetan yang cukup panjang ketika menuju atau pergi dari Pemandian Cikoromoy.



©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.