Foto Pelabuhan Rakyat Dendang 1

Dua orang pria tampak tengah menurunkan gelondongan kayu bulat kecil dari atas sebuah truk ke tepian dermaga Pelabuhan Rakyat Dendang. Ketika air pasang, tempat diletakkannya kayu-kayu itu saya kira akan sengat dekat dengan perahu yang akan mengangkutnya. Pengalaman telah mengajarkan kepada mereka lokasi terbaik untuk bongkar muat barang.

dermaga pelabuhan rakyat dendang belitung timur

Pandangan tengah pada dermaga Pelabuhan Rakyat Dendang. Nama rakyat masih identik dengan kesan tradisional, terbelakang, miskin, dan seadanya. Kesan yang harus diubah. Justru pelabuhan seperti inilah yang mestinya menjadi prioritas bagi pemerintah setempat untuk dijadikan sebagai salah satu pelabuhan terbaik di daerahnya. Itu namanya memuliakan rakyat.

dermaga pelabuhan rakyat dendang belitung timur

Kapal-kapal berbobot kecil pun harus lempar jangkar lumayan jauh dari dermaga. Entah memang dari dahulu pelabuhan ini dangkal, atau kerusakan lingkungan di hulu yang membuat endapan lumpur menumpuk di tepian pantai. Bilah-bilah kayu dermaga tampak sudah saatnya untu diganti. Mudah-mudahan saja saat ini kondisi dermaganya sudah jauh lebih baik.

dermaga pelabuhan rakyat dendang belitung timur

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.