Foto Makam Mbah Lancing 2

Pusara Eyang Wongsojoyo dengan nisan batu serta badan pusara berupa tumpukan batu dua susun. Di samping kiri depan adalah tumpukan sisa bakaran dupa yang telah menggunung. Jirat kubur itu terlihat sudah tua, entah memang asli dari awalnya, atau merupakan hasil pemugaran yang dilakukan belakangan.

makam mbah lancing kebumen

Daftar pengurus dan juru kunci dari empat makam yang ada di sekitaran Desa Mirit. Setiap makam tampaknya disukai oleh jenis peziarah tertentu. Niatan orang datang ke makam memang tak bisa diduga, dan karenanya tak bisa dilarang. Konon ada yang datang untuk mendapatkan nomor judi di makam tertentu di kompeks ini.

makam mbah lancing kebumen

Makam Eyang Wonoyudo Inggil ini di dalamnya terdapat satu deretan makam yang ada di dalam cungkup memanjang. Sayangnya cerita dari kuncen sebelumnya mungkin belum didokumentasikan, sehingga kisah tentang masing-masing makam ini lama kelamaan bisa hilang. Klik foto ke halaman berikutnya »

makam mbah lancing kebumen

Sebuah makam terbuat dari batu alam yang terlihat dari sela tumbuhan perdu. Ada banyak makam tak bernama di area ini sehingga sulit untuk mengidentifikasinya. Dengan semakin memyusutnya jumlah orang tua yang masih hidup, kisah tentang kehidupan para mendiang ini akan lenyap ditelan waktu.

makam mbah lancing kebumen

Sebuah cungkup yang ada di dalam kompleks makam penduduk. Tak jelas siapa yang dikubur di sana. Saya memang sempat masuk ke dalam kompleks pemakaman umum di bagian depan ini, dan berjalan di dalamnya sambil menengok kiri kanan jika ada jirat kubur yang menarik perhatian. Sayangnya tak ada.

makam mbah lancing kebumen

Sebelumnya, saat hendak masuk ke pekuburan umum yang ada di bagian depan Makam Mbah Lancing, seorang nenek datang mendekat untuk membukakan pintu kubur. Makam-makam di pekuburan ini memakai beragam jenis bahan dan bentuk ornamen, namun tak ada nama yang menarik di sana.

makam mbah lancing kebumen

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.