Foto Keraton Surosowan 1

aroengbinang.com - Reruntuhan Bale Kambang yang lokasinya berada di tengah Kolam Rara Denok Keraton Surosowan Banten Lama. Kolam itu berukuran 30 x 13 meter dengan kedalaman 4,5 meter. Saya membayangkan bahwa kolam dan balekambang itu mungkin dahulu seindah kolam dan bangunan yang ada di Taman Soekasada Ujung. Memang kita hanya bisa berimajinasi untuk menyusun gambaran istana besar itu, dengan melihat apa yang tersisa.

keraton surosowan banten lama

Di ujung kanan area reruntuhan Keraton Surosowan ini terdapat sejumlah undakan untuk menuju ke atas benteng, sementara di kiri dan kanan terlihat lubang masuk ke bagian bawah benteng yang berbentuk lengkung. Saya kemudian memanjat menaiki undakan untuk melihat benteng dari atas, yang sayangnya sudah ditumbuhi rumput yang sangat tebal. Benteng Surosowan itu dulunya berdiri kokoh setinggi 2 meter dengan tebal 5 meter. Ketebalan benteng itu masih terlihat jelas ketika saya berdiri di atasnya. Dari tiga gerbang masuk ke Keraton Surosowan yang ada di sisi utara, timur, dan selatan, hanya gerbang di sisi selatan yang tak lagi bisa dimasuki karena telah ditutup dengan tembok.

keraton surosowan banten lama

Benteng Keraton Surosowan dahulu dikelilingi oleh kolam perlindungan yang sekarang telah rata dengan tanah. Istana tersebut diserbu dan dihancurkan oleh Daendels pada tahun 1808 setelah utusannya dipenggal kepalanya oleh Sultan yang menolak mengirimkan orang untuk membantu membangun proyek Jalan Raya Anyer – Panarukan karena telah memakan banyak korban rakyat.

keraton surosowan banten lama

Sepanjang mata memandang yang tampak adalah reruntuhan bangunan Keraton Surosowan yang kebanyakan berupa tembok bata setinggi kurang dari satu meter. Teras masuk berbentuk lebgkung terlihat ada di sebelah kiri.

keraton surosowan banten lama

Salah satu petirtaan di komplek reruntuhan Keraton Surosowan yang dindingnya masih relatif utuh. Adanya kolam-kolam air yang lebih rendah dari permukaan tanah seperti ini menunjukkan bahwa dahulu sudah ada sistem masukan dan keluaran air bawah tanah yang baik.

keraton surosowan banten lama