Foto Keraton Kasepuhan 2

Batuan hitam yang berada di tengah bernama Tugu Manunggal delapan penjuru mata angin, dengan pot keramik putih yang menunjukkan arah masing-masing mata angin. Di sini terdapat bundaran untuk tempat berputar, dan ditanam batu-batu karang yang konon berfungsi untuk menyaring air Keraton Kasepuhan Cirebon agar tidak terasa asin.

keraton kasepuhan cirebon

Ornamen yang menyerupai kepala angsa atau burung yang terlihat pada atap Keraton Kasepuhan Cirebon. Ornamen ini hanya ada pada pinggiran dan lekukan atap, tidak ada ornamen pada bagian tengahnya. Pada dinding terlihat ornamen berupa kuntum bunga yang sering terlihat pada bangunan kerajaan.

keraton kasepuhan cirebon

Sebuah ukiran kayu dengan detail yang sangat indah yang menjadi tiang penyangga atap bagi bangunan kecil yang berada di dekat pintu masuk ruangan Keraton Kasepuhan Cirebon. Pada kayu bersusun di langit-langit juga ada ragam hias ukirnya.

keraton kasepuhan cirebon

Susunan kayu pada langit-langit dengan detail ornamen ukir indah yang didonimansi dasar warna hijau dengan lampu kristal di tengahnya ini berada di ruangan depan Bangsal Pringgandani Keraton Kasepuhan Cirebon, tempat menghadapnya para Adipati.

keraton kasepuhan cirebon

Sejumlah kursi dan sebuah meja bundar dengan ragam hias ukir suluran dan bunga di bagian tepinya, menjadi tempat meletakkan tengara bagi Bangsal Pringgandani Keraton Kasepuhan Cirebon.

keraton kasepuhan cirebon

©2020 aroengBinang