Foto Kelenteng Welas Asih 2

Kelenteng ini memiliki dua lapis wuwungan berbentuk pelana yang masing-masing terdapat dua ekor naga di sayap kiri dan sayap kanannya. Salah satu dari empat ornamen berbentuk menyerupai benteng bertingkat terlihat pada foto ini.

kelenteng dewi welas asih cirebon

Lampion dengan lukisan naga indah di sebelah kiri dan di sebelah kanan belakangnya ada lagi lampion dengan bentuk berbeda berhias naga emas di keempat sisinya. Keduanya berada di depan pintu masuk.

kelenteng dewi welas asih cirebon

Pada dinding depan kelenteng terdapat lukisan-lukisan Tionghoa berukuran kecil berwarna biru muda yang indah menempel mengelilingi lingkaran-lingkaran merah kuning biru, dengan ornamen lengkung yang saling berbelit cantik di tengahnya. Di luar lingkaran, di keempat sudutnya, terdapat ornamen bunga berwarna pink yang tidak kalah indahnya.

kelenteng dewi welas asih cirebon

Sebuah bedug atau tambur digantung di langit-langit sebelah kiri ruangan. Tambur dan genta merupakan perlengkapan ritual yang hampir selalu ada di setiap kelenteng. Merapat pada tembok terdapat kursi-kursi khas tTiongkok dan dua buah joli.

kelenteng dewi welas asih cirebon

Dua buah genta tua atau lonceng yang menggantung di langit-langit ruangan juga saya temukan di Kelenteng Dewi Welas Asih Cirebon ini. Sejauh ini saya belum pernah melihat bagaimana genta-genta ini dibunyikan atau dipergunakan dalam sebuah acara ritual kelenteng.

kelenteng dewi welas asih cirebon

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.