Foto Jam Gadang 4

Lita Jonathans, pemilik La Lita Arts & Crafts dan Villa La Lita, tersenyum cerah di samping sebuah delman yang mangkal di sekitar Jam Gadang Bukittinggi, sementara sang sais duduk agak tersembunyi di atas delmannya yang bersih meski tak banyak hiasannya.

jam gadang bukittinggi

Suasana keseharian di seputar Jam Gadang Bukittinggi, dengan kendaraan berlalu lalang dan ada pula yang parkir di sekitarnya. Mungkin ada baiknya diberlakukan jam bebas kendaraan di waktu-waktu tertentu agar pengunjung bisa sedikit terbebaskan dari polusi gas dan polusi kebisingan saat berada di sana.

jam gadang bukittinggi

Andong saat itu masih berjaya sebagai angkutan wisata dan angkutan belanja. Ketika pakan kuda semakin sulit dicari oleh karena menyempitnya lahan terbuka, maka lambat laun akan semakin mahal pula biaya perawatan dan pemeliharaan, dan boleh jadi akan surut masanya untuk digantikan angkutan modern.

jam gadang bukittinggi

Andong atau bendi-bendi itu terlihat cukup rapi, bersih, dan layak untuk digunakan sebagai angkutan wisata. Kuda-kudanya pun masih terlihat sehat dan perkasa, ciri fisik yang dibutuhkan di daerah Bukittinggi yang kontur jalannya tak rata.

jam gadang bukittinggi

Dua anak muda tengah berjalan sambil berbincang, melintas tidak jauh dari tempat saya berdiri saat menikmati pemandangan keseharian di sekitar Jam Gadang Bukittinggi.

jam gadang bukittinggi

©2020 aroengBinang