Foto Gunung Rayang 1

Sejenak berhenti di jembatan melintang di atas Sungai Bedegolan yang airnya berasal dari Waduk Wadaslintang. Air ini kemudian mengalir dan dibendung di Bendung Pejengkolan serta Bendung Bedegolan.

gunung rayang kebumen

Buangan air Waduk Wadaslintang itu kering, tidak mengalirkan air, yang bisa dimengerti lantaran saat itu ada di penghujung musim kemarau sehingga debit air waduk tidak begitu tinggi.

gunung rayang kebumen

Pandangan pada puncak Gunung Rayang Kebumen yang sulit didaki kalau dari sisi ini. Belakangan Bambang berhasil mendapat informasi, bahwa akses ke Gunung Rayang ada di sebelah kiri titik tertinggi jalan itu. Saya pun berjalan kaki mendaki jalan hingga sampai di titik itu, sementara Bambang saya minta memutar mobil dan naik ke atas. Di sebelah kanan titik jalan tertinggi itu ada seekor monyet Gunung Rayang yang diikat di sebatang pohon.

gunung rayang kebumen

Pemandangan ke Waduk Wadaslintang ketika pertama kali saya melihatnya. Lereng buangan limpahan air bisa terlihat dengan cukup jelas dengan length 38mm.

gunung rayang kebumen

Waduk Wadaslintang! Sungguh saya tak menyangka bisa melihat saluran buangan Waduk Wadaslintang di jalan balik dari Gunung Rayang ini. Jika tak berjalan kaki menuruni puncak jalan belum tentu saya melihat dan bisa memotret pemandangan yang menarik ini.

gunung rayang kebumen

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.