Foto Danau Tondano 3

Gerumbul perdu dan pepohonan padat menjadi latar depan panorama Danau Tondano yang dari jauh terlihat sangat tenang dan damai, tidak setenang jika melihatnya dari jarak yang dekat. Mungkin karena sekeliling danau tidak sepenuhnya merupakan perbukitan tinggi sehingga memungkinkan aliran udara yang keras melintas di atas air danau.

danau tondano minahasa sulawesi utara

Sudut pandang yang memperlihatkan ada permukiman padat di tepian Danau Tondano yang agak jauh jaraknya dari jalan utama kendaraan. Tak ingat lagi dimana lokasi kami berhenti untuk memotret pemandangan ini, namun sepertinya pada arah menuju Tondano, bukan sebaliknya.

danau tondano minahasa sulawesi utara

Sudut pandang lainnya pada Danau Tondano dengan gerumbul pepohonan padat di latar belakang, dan lembah hijau subur di tepian danau di ujung sana. Membayangkan suatu saat nanti akan ada cable car yang mengelilingi danau, yang digerakkan dengan tenaga matahari ...

danau tondano minahasa sulawesi utara

Salah satu lembah yang subur di tepian Danau Tondano, memberi harapan terus terjaganya lingkungan alam jika saja pesatnya pertumbuhan permukiman bisa dilokalisir dan dikendalikan. Jika tidak terkendali maka hanya menunggu waktu semakin kotornya air danau oleh limbah rumah tangga dan menipisnya lahan resapan air di sekeliling danau.

danau tondano minahasa sulawesi utara

©2020 aroengBinang