Foto Candi Miri 2

Saat itu tidak ada tempat duduk yang memadai di sekitar Candi Miri, sehingga untuk beristirahat sejenak kami pun mencari batu atau rerumputan yang relatif bersih untuk duduk. Jika saja di sekitar bukit ada pohon kelapa, tentu akan sangat nikmat untuk meminum air segarnya dan menggerumuti buah mudanya.

candi miri sleman yogyakarta

Salah satu pematang sawah yang kami lalui saat menuju ke Candi Miri. Di beberapa tempat pematangnya agak gembur, sehingga perlu berhati-hati agar tidak perperosok. Ini mengingatkan pada pengalaman semasa kecil ketika masih sering pergi bermain ke sawah dan kadang menjumpai ular yang melingkar di pematang.

candi miri sleman yogyakarta

Sebuah susunan batu pada lintasan yang kami lewati, yang belum diketahui apa hubungannnya dengan Candi Miri. Batu gunung seperti ini dipercayai berasal dari lava beku, namun tak jelas sumber gunung berapinya berada di mana.

candi miri sleman yogyakarta

Batu hitam besar memanjang di ujung sana menarik perhatian saya dalam perjalanan meninggalkan Candi Miri. Adanya batuan besar seperti ini menandai bahwa memang pernah ada aktivitas gunung berapi dahsyat di sana, sehingga ada cukup banyak batu besar yang terserak di sejumlah tempat. Itu sebabnya ada cukup bahan tersedia untuk membuat sebuah candi.

candi miri sleman yogyakarta

©2020 aroengBinang