Cagar Budaya, Medan, Sumatera Utara

Gedung RS Elizabeth

Gedung RS Elizabeth Medan merupakan bangunan lama peninggalan dari jaman kolonial yang lokasinya berada di Jalan Haji Misbah, Jalan Imam Bonjol, dan Jalan Slamet Riyadi, Kota Medan. Bangunan Rumah Sakit Umum Elizabeth diresmikan pada tanggal 11 Februari 1929 (MXMXXIX) oleh De Mensin Parochus.

Tanggal dan angka tahun serta nama pendiri gedung ini bisa dilihat pada sebuah prasasti yang menempel pada dinding bangunan. Gedung utamanya berbentuk simetris dengan atap bagian tengah lebih tinggi dari atap di sebelah kiri dan kanannya, dan di bagian depan ada cungkup kecil yang memayungi akses masuk ke dalam gedung.

Tepat di tengah atap bangunan berdiri sebuah menara tunggal tak terlalu tinggi yang bagian atasnya bentuknya menyerupai ujung pelor atau peluru kendali, atau bisa juga seperti payung raksasa yang menutup. Di sekeliling menara terdapat lubang yang berfungsi untuk sirkulasi udara.

Gedung RS Elizabeth Medan Gedung RS Elizabeth Medan Gedung RS Elizabeth Medan Gedung RS Elizabeth Medan
Foto: Buku Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan.

Gedung RS Elizabeth Medan

Jl. H. Misbah No.7, JATI, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20151. Lokasi GPS: 3.5755059, 98.6766383, Waze.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah yang lahir di Desa Mersi - Purwokerto, dan sekarang tinggal di Jakarta. Diperbarui: Mei 06, 2021.

Tulis Komentar

Ketik dulu, lalu klik "Masuk ..." atau "Posting".

« Baru©2021 IkutiLama »

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.