Blog Post, Lighthouse, Tutorial

Mengatasi Links Are Not Crawlable pada Jump Link

Pada tulisan ini saya hendak berbagi pengalaman tentang cara mengatasi Links Are Not Crawlable pada Jump Link ketika melakukan audit laman dengan Lighthouse. Jump link adalah taut yang dibuat agar pengunjung bisa melompat ke paragraf tertentu yang berisi informasi relevan.

Jump link pada laman sangat bermanfaat bagi pengunjung oleh sebab tidak perlu mengunakan scroll atau cara lain yang lebih memakan waktu ketimbang hanya sebuah klik. Namun baru-baru ini saja saya mengetahui bahwa keberadaan jump link pada laman ternyata menjadi sebab dikereknya bendera merah pada hasil audit Lighthouse.

Persoalannya terletak pada perilaku mesin perayap Google yang cuma bisa atau hanya mau menelusuri taut yang kita buat hanya jika taut-taut itu menggunakan tag <a> dengan URL yang bisa ditelusur, yaitu menggunakan atribut href. Jika atribut href tidak ada pada taut yang menggunakan tag <a> maka audit Lighthouse akan gagal.

Mengatasi Links Are Not Crawlable pada Jump Link

Sedangkan jump link pada sebuah laman biasanya hanya memakai tag <a> namun tidak perlu ada atribut href. Inilah yang menjadi biangnya, dan tak pula bisa diatasi dengan menambahkan atribut rel="nofollow".

Contoh jump link adalah misalnya,

<a id="Jakarta"></a>

yang berpasangan dengan

<a href="#Jakarta">Ke Jakarta</a>


Keberadaan tag <a id="Jakarta"></a> inilah yang membuat bendera merah dikerek oleh Lighthouse, dan skor hasil audit pun berkurang.

Oleh karena perayap Google tidak akan menelusuri taut yang menggunakan format selain yang memakai tag <a>, maka solusinya adalah dengan tidak memakai tag tersebut untuk jump link, agar pesan Links Are Not Crawlable tidak muncul pada audit.

Misalnya adalah dengan menggunakan tag taut berikut ini,

<main role="main" id="Jakarta"></main>

Cara di atas telah berhasil membuat laman yang saya buat menjadi lolos pada audit Lighthouse. Nah, silahkan ganti semua taut Jump Link dengan mengikuti contoh taut di atas, dan lakukan audit Lighthouse lagi untuk melihat hasil perbuhannya pada skor SEO. Semoga bermanfaat.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah yang lahir di Desa Mersi - Purwokerto, dan sekarang tinggal di Jakarta. Diperbarui: Februari 10, 2021.

Tulis Komentar

Ketik dulu, lalu klik "Masuk ..." atau "Posting".

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.

« Baru©2021 Ikuti SayaLama »