Menampilkan Tulisan Lama di Homepage Blogger

August 12, 2020. Label:
Mengetahui cara untuk menampilkan tulisan lama di homepage Blogger ini kadang diperlukan ketika sebuah tulisan mengalami pembaruan yang signifikan, dan pemilik blog merasa perlu untuk menampilkannya di tempat teratas halaman muka, setidaknya sampai ada tulisan baru yang terbit.

Setelah New Blogger diperkenalkan dan kemudian menjadi default interface di Blogger, memang sempat ada kebingungan oleh karena hilangnya sejumlah menu yang sebelumnya tersedia di legacy Blogger, dan menu-menu itu adalah justru diantara yang paling sering digunakan oleh karena sangat membantu dalam melakukan penulisan dan editing.

Salah satu yang sempat membuat bingung dan harus mencari-cari adalah bagaimana cara menampilkan tulisan lama di baris teratas di homepage, agar pengunjung lama bisa membacanya ulang karena ada pembaruan yang signifikan pada isinya, dan pengunjung baru juga bisa mendapatkan manfaatnya.

Menampilkan Tulisan Lama di Homepage Blogger

Untuk menampilkan tulisan lama di halaman muka Blogger saya sempat melakukan hal sebagai berikut, mengembalikan tulisan ke draft, dan lalu mem-publish kembali dengan memilih 'automatic' pada menu 'Publish on' di halaman editor Blogger.

Namun belakangan baru saya ketahui bahwa untuk memindahkan tulisan lama ke halaman muka Blogger tidak perlu merubahnya ke dalam bentuk draft dulu, namun bisa langsung sebagai berikut:

  1. Klik 'Publish on' dan pilih 'Automatic'.
  2. Setelah tekan 'Publish' maka tulisan lama akan otomatis muncul di bagian teratas homepage.


Anda juga bisa memilih kapan artikel hendak diterbitkan, selain pilihan otomatis; bisa diterbitkan beberapa bulan atau tahun lalu, bisa pula diterbitkan dalam beberapa bulan atau tahun ke depan.

Yang hingga sekarang masih belum bisa dilakukan adalah mengubah permalink, yang sebelumnya bisa dilakukan di legacy blogger, langsung dari halaman editor.

Masih ada beberapa menu lagi yang perlu ditambahkan oleh Blogger untuk memudahkan penulisan dan pengeditan, terutama dalam mode HTML view. Semoga team Blogger terus melakukan perbaikan agar memberi pengalaman menulis yang lebih baik kepada para pengguna setianya.
: Pejalan musiman. Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print! Follow aroengBinang! Balik ke atas ↑