Enam Logam Mulia Termahal di Dunia

July 08, 2020. Label:
Kebanyakan orang akan menyebut emas, dan mungkin platinum, ketika ditanyakan tentang logam mulia termahal di dunia. Di bawah itu ada perak, dan perunggu. Setidaknya urutan Emas, Perak dan Perunggu sudah sangat lekat dengan urutan piala yang diberikan kepada juara 3 besar dalam setiap kompetisi.

Meski piala platinum sepertinya belum pernah terdengar diberikan kepada seorang juara di sebuah kompetisi paling bergengsi sekalipun, namun status platinum lazim diberikan pada sejumlah games seperti di konsol PlayStasion dan sejenisnya.

Club ekslusif juga menggunakan terminologi platinum untuk anggota yang memenuhi kriteria tertentu, menduduki jabatan strategis di perusahaan misalnya, atau mampu membayar sejumlah besar uang yang tak semua orang akan sanggup atau mau membayarnya.

Selain emas dan platinum, logam mulia termahal di dunia yang jarang menjadi pembicaraan sehari-hari adalah iridium, palladium, rhodium, dan rutenium. Itu adalah enam logam mulia termahal di dunia. Posisi ini bisa berubah ketika terjadi perubahan besar pada keseimbangan antara pasokan - permintaan.

Nama Logam MuliaHarga per troy ons, US$, 7 Juli 2020
1.Rhodium8.500
2.Emas1.952
3.Palladium1.951
4.Iridium1.660
5.Platinum814
6.Rutenium280


Emas

emas Logam Mulia Termahal di DuniaFoto: fxstreet.com

Selama berabad-abad emas menjadi salah satu komoditas termahal, yang selain secara tradisional dipakai sebagai perhiasan pria dan wanita, menjadi mata uang, patung, benda pajangan, dan tabungan, emas juga digunakan di bidang elektronik dan luar angkasa karena daya tahan dan konduktivitasnya yang sangat baik.

Sampai tahun 1970-an, Afrika Selatan dikenal sebagai produsen emas utama yang mencapai puncaknya pada tahun 1970 dengan 32 juta ons emas atau sekitar dua pertiga produksi emas dunia. Kini Cina, Australia, dan Rusia merupakan tiga negara penghasil emas teratas.

Iridium

iridium Logam Mulia Termahal di DuniaFoto: scrivial.com

Iridium merupakan unsur logam yang paling tahan korosi, tahan terhadap udara, air, garam dan asam, serta merupakan salah satu logam paling langka di muka bumi, dan karenanya termahal, dengan produksi tahunan hanya tiga ton.

Karena sangat keras, iridium sulit untuk dibuat menjadi suatu komponen namun bisa menjadi aditif yang berguna untuk memperkuat campuran. Karena titik lelehnya yang tinggi dan ketahanan terhadap korosi, iridium dipakai untuk cawan lebur. Pemasok terbesar logam ini adalah Afrika Selatan dan Rusia.

Palladium

palladium Logam Mulia Termahal di DuniaFoto: burrells.co.uk

Setelah penjualan kendaraan diesel merosot akibat skandal emisi VW yang dikenal sebagai Dieselgate atau Emissionsgate, dan bensin alternatif kembali naik daun, platinum yang terutama digunakan dalam catalytic converter untuk kendaraan diesel harganya jatuh, sementara palladium yang ramah-bensin mengalami kenaikan harga.

Palladium disebut sebagai logam mulia termahal dari empat logam mulia utama, yaitu emas, perak, dan platinum. Namun, nasib Palladium bisa berubah jika terjadi peningkatan penggunaan mobil listrik yang tidak menggunakan catalytic converter. Pemasok palladium terbesar di dunia adalah perusahaan pertambangan Rusia, Nornickel.

Platinum

Penggunaan utama Platinum adalah pada catalytic converter untuk kendaraan bermesin diesel. Diperkirakan sekitar 45% dari platinum yang dijual pada tahun 2014 digunakan untuk industri otomotif. Lantaran Dieselgate, harga platinum di pasar dunia kalah dari palladium yang berkinerja lebih baik di kendaraan bensin.

Platinum secara tradisional diperdagangkan dengan harga lebih tinggi daripada emas. Selain karena kelangkaannya, kata "platinum" identik dengan tingkat prestise yang lebih tinggi dari emas. Meski sejak tahun 2011 harga platinum sudah di bawah harga emas, dan selisih harganya sekarang semakin melebar, namun reputasi platinum secara psikologis tetap bertahan.

Penghasil platinum terbesar di dunia adalah Afrika Selatan, yang memasok sekitar tiga perempat dari permintaan dunia.

Rhodium

Jarang dikenal orang, rhodium terutama digunakan dalam catalytic converter yang merupakan bagian dari sistem pembuangan di kendaraan, berfungsi untuk mengurangi emisi gas beracun dan polutan. Rhodium mengalamai lonjakan harga lebih dari 30% tahun ini oleh sebab meningkatnya permintaan dari industri otomotif.

Hampir 80% permintaan rhodium dan palladium berasal dari industri otomotif, dengan pemasok terbesar dari Afrika Selatan. Rhodium mendapat kenaikan pamor dengan semakin ketatnya negara-negara Barat serta negara lainnya dalam mengendalikan emisi kendaraan bermotor.

Rutenium

Rutenium merupakan logam langka yang termasuk dalam kelompok platinum yang ditemukan oleh Ilmuwan kelahiran Rusia keturunan Rusia-Baltik bernama Karl Ernst Claus pada tahun 1844 di Universitas Negeri Kazan.

Sebagian besar ruthenium digunakan dalam kontak listrik tahan aus dan resistor film tebal. Aplikasi minor untuk ruthenium adalah dalam paduan platinum dan sebagai katalis kimia . Aplikasi baru ruthenium adalah sebagai lapisan penutup untuk foto ultraviolet ekstrim. Itulah data dan informasi tentang Enam Logam Mulia Termahal di Dunia, yang urutan tingkat mahalnya bisa berubah sesuai dengan perubahan pada pasokan dan permintaan dunia.

: Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac. Follow aroengBinang ! Bagikan ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

Refresh, ctrl-r (Windows) atau command-r (Mac) jika link tak bisa diklik.

Loading comments…