7 Pilihan Terbaik Screen Recorder di Ponsel Android

aroengbinang.com - Screen recorder di ponsel pintar maupun di desktop biasa digunakan untuk membuat video pendidikan, tutorial, merekam gameplay, membuat reaction video, atau untuk tujuan lain. Tulisan ini menyajikan 7 pilihan terbaik Screen Recorder di ponsel Android untuk saat ini, diurut berdasarkan rating dan jumlah pengguna, kecuali aplikasi bawaan.

Setelah sekian lama menggunakan ponsel Android Xiaomi Mi 9 SE, baru belakangan menyadari bahwa ponsel ini sudah memiliki aplikasi bawaan berupa Screen Recorder. Ya, meski senang memakai MacBook Pro namun untuk ponsel saya lebih memilih memakai Xiaomi ketimbang iPhone atau merk lain.

Perkembangan teknologi begitu cepat, dimana nyaris setiap tahun dan bahkan kadang kurang dari 12 bulan sudah muncul ponsel baru dengan fitur lebih menggiurkan, membuat merasa sangat rugi untuk membeli barang mahal jadi usang setelah lewat 1-2 tahun.

Pilihan Screen Recorder di Ponsel Android

Saat baru saja diluncurkan versi pertama Galaxy Note dulu langsung beli. Lumayan mahal dong untuk waktu itu, tapi ya itu, tak lama kemudian telah jadi barang rongsokan, entah ada dimana pun bendanya sekarang. Namun, bagi yang uangnya tak habis selama tujuh turunan ya tak apa-apa kalau ganti ponsel mahal setiap 1-2 tahun, tapi itu bukan saya.

Nah, untuk screen recorder ada aplikasi bawaan di ponsel Android versi 10, meski sepertinya dari masing-masing pabrikannya karena PC Magazine menyebut bahwa Google pernah menyertakan screen recorder di Android 10 beta, tetapi fitur itu dihapus sebelum rilis final.

1. Screen Recorder Android 10

Selain di ponsel Android Xiaomi, aplikasi bawaan perekam layar di Android versi 10 juga ada di ponsel merk Samsung, LG, OnePlus, dan merk-merk lainnya, meskipun dengan detail fitur berbeda-beda.

Cara menggunakan di ponsel Xiaomi sangat mudah. Ketika aplikasi baru dibuka ia akan meminta sejumlah ijin untuk merekam video dan suara serta untuk menyimpannya. Setelah itu tinggal klik tombol 'Record' dan proses perekaman akan berjalan. Tombol ini akan terlihat samar saat merekam layar, dan bisa diklik lagi untuk menghentikan rekaman.

Untuk Xiaomi, resolusi video bisa sampai 2340*1080, 20Mbps, orientasi portrait atau landsacep, sumber suara dari system atau mic dan bisa di-mute, bisa atur fixed frame rate untuk meningkatkan kompatibilitas dan menghemat batere, dan frame rate hingga 30fps.

2. XRecorder Screen Recorder & Video Recorder

Aplikasi gratis XRecorder Screen Recorder dari pengembang InShot Inc ini sanggup menangkap video layar dengan halus & jelas secara mudah, dengan rating 4.7 dan telah diunduh oleh lebih dari 1,1 juta orang.

Selain tanpa tanda air, ponsel juga tidak perlu di-root dan tanpa batas waktu perekaman. Anda bisa melakukan Screenshot, mengedit Video, merekam Gameplay, merekam full HD 1080p, 60FPS, 12Mbps, dengan Facecam, jendela mengambang, memilih lokasi penyimpanan di internal atau kartu SD, jeda dan lanjutkan perekaman, dan membagikan reaman di YouTube, Instagram, Twitter, IGTV, serta Facebook.

3. AZ Screen Recorder

Pilihan Screen Recorder di Ponsel Android

Selanjutnya adalah aplikasi gratis AZ Screen Recorder yang telah digunakan oleh lebih dari 1,2 juta pengguna dan memperoleh rating 4.6, sangat meyakinkan. Pengoperasiannya juga mudah hanya dengan satu ketukan, tidak ada tanda air dan batas waktu merekam, ponsel tidak perlu di-root, video HD dan Full HD, bisa jeda dan melanjutkan rekaman.

Anda bisa mengatur resolusi video, bit rate, frame bisa sampai 60 fps, orientasi layar, dan menyesuaikan waktu berhenti. Bisa pula digunakan untuk screen capture, livestream di Youtube dan Facebook, merekam gameplay, merekam video call dengan teman dan keluarga, mengedit foto dan video, membuat GIF.

Jika menggunakan AZ Screen Recorder dengan Facecam, wajah dan reaksi Anda bisa direkam dan ditampilkan dalam jendela kecil pada layar rekam. Anda bisa mengatur ukuran Facecam dan meletakkannya di tempat tertentu.

4. Super Screen Recorder

Pilihan berikutnya adalah Super Screen Recorder yang memperoleh rating 4.5 dan telah diunduh lebih dari 132 ribu. Interface aplikasi ini mudah digunakan, dilengkapi fitur video editing bagus, tak perlu di-rooting, ada pilihan jeda dan lanjut, serta tanpa batas waktu perekaman.

Anda bisa pula memakai Facecam, membuat GIF, menambahkan gambar pada klip dengan kuas, tidak ada tanda air secara default namun bisa diaktifkan untuk menunjukkan tanda air Anda. Kualitas videonya 2K, 12Mbps, dan 60FPS, menyimpan di kartu SD, pilihan potret atau lanskap, mendukung perekaman terjadwal, dan bisa streaming langsung di Youtube serta Facebook.

5. Google Play Games

Jika ingin merekam games maka Google Play Game merupakan pilihan aplikasi gratis bagus, karena selain mendapat rating 4.4 juga telah diunduh sebanyak 10,7 juta lebih. Aplikasi ini merekam games apa pun dengan kualitas hingga 720p HD, dan bisa menambahkan rekaman kamera dari lensa depan ponsel.

Pemakaiannya juga mudah, tinggal buka aplikasi, pilih game, ketuk tombol rekam di bagian atas halaman detail game untuk memilih kualitas video. Ada pilihan main instan tanpa perlu instalasi, tinggal cari tombol "Instant play" untuk langsung memainkan game secara penuh.

Anda bisa memainkan game bawaan Google seperti Solitaire, Minesweeper, Snake, PAC-MAN, Cricket, dan Whirlybird, bahkan saat Anda offline, serta menyimpan kemajuan Anda secara otomatis ke cloud. Bisa pula membuat ID gamer khusus, membuka kunci prestasi, nendapatkan XP, dan naik level.

6. ADV Screen Recorder

Dengan lebih dari 129 ribu pengguna dan rating 4.4, ADV Screen Recorder layak untuk dipertimbangkan sebagai salah satu alternatif perekaman layar gratis tanpa rooting.

ADV Screen Recorder memungkinkan Anda untuk merekam dengan 2 pilihan (Default dan Advanced), menjeda perekaman, menambahkan gambar dengan warna kesukaan, memakai kamera depan atau belakang untuk menambahkan jendela video di layar, mengatur teks dan banner, trim Video, mengubah resolusi hingga 1080p, kecepatan bit hingga 15Mbps, kecepatan bingkai hingga 60fps, mengubah orientasi video dan mengatur mikrofon.

7. Mobizen Screen Recorder

Pilihan lain adalah Mobizen Screen Recorder yang mungkin merupakan aplikasi screen recorder kedua terpopuler, yaitu telah diunduh sebanyak lebih dari 2,1 juta, hanya saja saat tulisan ini dibuat ada banyak keluhan dengan versi terakhir sehingga hanya mendapat rating 4,2 di bawah aplikasi lainnya.

Aplikasi gratis ini memungkinkan melakukan perekaman layar Full HD dengan resolusi 1080p, 12.0Mbps, 60 fps, merekam gameplay dan reaksi Anda dengan Facecam, menyimpan di Memori eksternal, menaikkan kualitas video dengan berbagai fitur pengeditan, tanpa perlu di-root, dan tanpa tanda air.

Lihat Video

Jika punya pengalaman menggunakan Screen Recorder, silahkan tulis di komentar sebagai bahan perbandingan buat pengguna lainnya.
, Pejalan musiman. Bagikan: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print! Follow aroengbinang!

aroengbinang.com adalah blog tulisan foto perjalanan dan catatan seputar wisata Indonesia, peta wisata, hotel, seni budaya, opini, percik pikir, hiburan, serta tips blogger. Kunjungi sitemap untuk mesin pencarian dan isi blog selengkapnya.
Loading comments…
Balik ke atas ↑