Cara Mengatasi No GPS showing Approximate Location pada Waze

Satu hal menjengkelkan yang sering dialami pejalan ketika tengah berkendara ke tempat yang dituju adalah tidak bekerjanya Waze dan munculnya notifikasi No GPS showing Approximate Location. Jika sering menjumpai masalah ini, silahkan baca terus tulisan Cara Mengatasi No GPS showing Approximate Location pada Waze ini.

Keberadaan Waze yang digunakan di ponsel tampaknya telah menggeser secara telak eksistensi perangkat GPS Navigation yang sebelumnya terlihat banyak bertahta di atas dashboard mobil. Akibatnya kini banyak orang sangat menggantungkan Waze sebagai panduan navigasi, baik ketika menuju ke kantor, ke suatu tempat asing di dalam kota, maupun ketika di luar kota.

Perbedaan Waze dengan navigasi Google Maps adalah Waze berbasis komunitas, sehingga pengguna kadang mendapatkan informasi bermanfaat, seperti adanya kecelakaan lalin di depan, adanya perbaikan jalan, mobil mogok, hingga informasi adanya polisi lalu lintas yang membuat orang bisa waspada untuk tidak melanggar bahu jalan.

Namun ketika muncul pesan No GPS showing Approximate Location, maka orang menjadi kelabakan oleh karena kehilangan panduan, dan Waze menjadi bisu. Jika mengalami hal tersebut, baiknya menepikan kendaraan terlebih dahulu, jika memang tidak ada penumpang yang bisa membantu, dan melakukan pengecekan menggunakan cara mengatasi No GPS showing Approximate Location pada Waze di bawah ini.

Cara Mengatasi No GPS showing Approximate Location
  1. Pastikan 'Mobile data' telah hidup.
    Salah satu penyebab munculnya pesan No GPS showing Approximate Location adalah karena ketika di dalam rumah atau di kantor orang mematikan mobile data dan menggunakan wifi. Sebenarnya anda tak perlu mematikan mobile data, karena ponsel otomatis berganti menggunakan wifi ketika mendeteksi jaringan yang telah tersimpan di dalam memorinya.
  2. Cek Pembaruan
    Cek di Google Play Store apakah ada pembaruan Waze yang belum Anda pasang. Versi baru umumnya memperbaiki dan menghilangkan bug pada versi sebelumnya, serta mungkin ada fitur yang meningkatkan akurasi aplikasi.
  3. Perbaiki Letak Smart Phone
    Tempat terbaik adalah memasang smart phone pada holder yang menempel pada kaca di atas dashboard untuk mendapatkan signal terbaik. Ketika mobil berada di bawah pepohonan yang lebat daunnya atau langit tengah mendung, signal GPS biasanya buruk.
  4. Nyalakan GPS
    Pastikan Anda telah menyalakan aplikasi GPS, yang boleh jadi mati secara tidak sengaja. Anda mungkin perlu melakukan reboot hand phone jika aplikasi GPS tidak menyala.
  5. Keluar dan Masuk Kembali
    Coba keluar dari aplikasi Waze, bersihkan seluruh RAM, dan buka lagi Waze. Kadang langkah ini bisa menyelesaikan masalah.
  6. Ganti provider mobile phone Anda
    Telkomsel secara umum dianggap lebih baik kekuatan dan pemerataan signalnya, terutama di luar kota, dibandingkan dengan provider lain. Anda bisa membeli kartu perdana untuk dipakai sebulan, atau selama Anda perlu.
  7. Ganti Ponsel
    Ponsel versi baru memiliki prosesor dan penangkap signal lebih kuat, dan pilih ponsel yang menangkap signal dari satelit Galileo.

Jika langkah-langkah tersebut di atas belum bisa mengatasi masalah, lakukan langkah-langkah di bawah ini.

Untuk iOS
  1. Buka Pengaturan > Privasi> Layanan Lokasi dan geser ke OFF.
  2. Lakukan hard reset :
    Pada iPhone 4, 4S, 5, 5S, 6 atau 6S: Tahan tombol kunci dan rumah sampai melihat logo Apple.
    Pada iPhone 7/7 +: Tahan tombol kunci dan volume hingga melihat logo Apple.
    Pada iPhone 8/8 + / X: Tekan tombol volume naik, tekan tombol volume turun lalu tekan dan tahan tombol daya hingga melihat logo Apple.
    Jangan kuatir, langkah di atas tidak akan mempengaruhi aplikasi atau data apa pun di ponsel Anda.
  3. Kembali ke Pengaturan > Privasi> Layanan Lokasi dan geser ke ON.
    Pengguna iOS 10 ke bawah saja : Jika masalah berlanjut, pastikan Anda memiliki sinyal GPS yang baik. Periksa sinyal Anda dengan aplikasi GPS Status yang bisa diunduh di App Store.

Untuk Android
  1. Buka Pengaturan > Keamanan & lokasi > Lokasi
  2. Pastikan Mode Lokasi diatur ke Akurasi Tinggi: Ketuk Mode dan pilih Akurasi tinggi.
    Pada Android 7 ke bawah, pengaturan ini ada di Pengaturan > Lokasi.
  3. Pastikan Waze memiliki izin untuk menggunakan lokasi : Ketuk izin tingkat Aplikasi dan pastikan Waze pada posisi ON.
    Pada Android 7 ke bawah, pengaturan ini ada di Pengaturan > Aplikasi> Izin.
    Untuk Android 8 ke atas : Ketuk Scanning dan aktifkan pemindaian Wi-Fi dan pemindaian Bluetooth.

Cara mengatasi No GPS showing Approximate Location yang terakhir adalah dengan membuka jendela mobil dan memegang ponsel di dekat jendela yang akan membantu Anda untuk mendapatkan kembali signal Waze yang hilang. Semoga membantu.
Label : . Updated : December 04, 2018.
Author : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok. Follow : Twitter, Facebook, Subscribe, Youtube.
Share   Tweet   WhatsApp   Telegram   Email   Print!