Blogger : Last Updated Date

Tulisan ini dibuat untuk berbagi informasi tentang bagaimana menampilkan last modified atau last updated date di Blogger secara manual, untuk bisa menempatkannya di lokasi yang dikehendaki. Menampilkan lastUpdated date bisa membantu memberi informasi kepada pembaca tentang tanggal terakhir suatu tulisan diperbarui.

Ada perbedaan tag pada template Blogger generasi lama (V2) dengan tag pada template generasi baru (V3). Tag pada generasi lama V2 tak lagi berfungsi jika digunakan pada template generasi yang baru. Hal itu baru akan terlihat ketika mengganti ke template generasi baru yang ada di theme Blogger, seperti misalnya Contempo.

Pada template generasi lama, tag yang digunakan adalah sebagai berikut :

<a class='timestamp-link' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='published updated' expr:title='data:post.timestampISO8601' itemprop='datePublished'><data:post.timestamp/></abbr></a>

atau <data:post.lastUpdatedISO8601/>

Jika menggunakan tag tersebut dan ternyata berfungsi, maka Anda masih menggunakan template Blogger generasi lama V2, dan silahkan tetap menggunakan kode tersebut. Namun jika tag tersebut tidak berfungsi maka gunakan tag sebagai berikut :

<data:post.lastUpdated/>

Letakkan tag di tempat dimana Anda inginkan, misalnya tepat sebelum <data:post.body/> atau sebelum kata pertama pada paragraf pertama tulisan.

Kode generasi baru V3 itu bisa digunakan di dalam Blog, Featured Post, dan PopularPosts widgets, sementara tag pada generasi sebelumnya hanya bisa digunakan di dalam Blog. Semoga bermanfaat. Label : . Updated : October 28, 2018
Author : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok. Follow : Twitter, Facebook, Subscribe, Youtube.
Share   Tweet   WhatsApp   Telegram   Email   Print!