Taman Narmada Mataram Lombok

aroengbinang.com - Sebuah replika dari Gunung Rinjani yang luas dibuat, yaitu Taman Narmada di Mataram Lombok awalnya tidak antusias mengunjungi taman ini, karena terlalu kelelahan setelah pulang dari Gili Trawangan, namun setelah melihat pemandangan di dalamnya cukup menyenangkan juga. Saya berpikir sebuah replika dibuat tentunya ada alasam tertentu ternyata memang benar, Taman Narmada Mataram Lombok dibuat di kala itu karena Raja ...sudah tidak kuat lagi untuk mendaki Gunung Rinjani untuk melakukam ritual suci, sehingga dibuatlah taman yang mirip dengan kondisi di Gunung Rinjani

Taman Narmada penduduk setempat menyebutnya Taman Narmade, letaknya berada di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Narmada diambil dari nama anak Sungai Gangga di India yang berarti mata air atau sumber kehidupan. Sebagaimana yang kita ketahui Sungai Gangga adalah sungai suci umat Hindu, taman seluas hampir 3 hektare tersebut dibangun tahun 1727 sebagai tempat pemujaan dan peristirahatan raja pada musim kemarau. Di taman tersebut juga sering digunakan tempat ritual keagamaan umat Hindu.

Seperti halnya raja ...penduduk asli Pulau Lombok yang beragama Hindu awalnya merayakan Upacara Pujawali dengan menaiki Gunung Rinjani serta membawa sesajian yang diperuntukan para dewa di puncak Gunung Rinjani. Upacara Pujawali merupakan upacara persembahan kepada Ida Bhatara, karena kondisi raja tidak sanggup lagi mendaki Gunung Rinjani yang memiliki tinggi 3.726 meter di atas permukaan laut, akhirnya raja membuat replika Gunung Rinjani. Begitulah sejarah Taman Narmada yang saya rangkum dari beberapa sumber dan dari pemandu wisata yang menyambut kedatangan kami di Taman Narmada.

, Senang membuat catatan diri setiap perjalanan sekedar penghargaan atas apa yang dilihat dan dirasakan sebagai ritual ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta.(Jatuh cinta pada lembah, gunung dan pepohonan ). Bagikan: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print! Follow aroengbinang!

aroengbinang.com adalah blog tulisan foto perjalanan dan catatan seputar wisata Indonesia, peta wisata, hotel, seni budaya, opini, percik pikir, hiburan, serta tips blogger. Kunjungi sitemap untuk mesin pencarian dan isi blog selengkapnya.
Loading comments…
Balik ke atas ↑