Link Send Message ke WhatsApp

Oleh Bambang Aroengbinang. July 28, 2018
Fitur Click to Chat dari WhatsApp memungkinkan Anda untuk memasang link send message ke WhatsApp Anda di website. Fitur ini bermanfaat bagi pemilik bisnis seperti hotel, restoran, rental mobil, tempat wisata, rumah sakit, dan bisnis online yang memudahkan orang untuk menghubungi contact person-nya.

Dengan pengunjung mengeklik tautan yang Anda buat di situsweb, jendela obrolan di ponsel orang itu dengan pemilik ponsel yang ada di tautan akan terbuka secara otomatis. Fitur Click to Chat ini berfungsi di WhatsApp ponsel maupun di WhatsApp Web.

Untuk membuat Link Send Message ke WhatsApp gunakan taut https://wa.me/nomorhp dengan mengganti nomorhp dengan nomor ponsel lengkap Anda, dalam format internasional. Hilangkan angka nol, tanda kurung, atau tanda setrip saat menambahkan nomor ponsel dalam format internasional.

link send message ke whatsapp
Fitur Click to Chat juga memungkinkan Anda untuk menyisipkan kalimat yang akan otomatis terkirim ketika pengunjung mengklik tautannya. Ini akan menghemat waktu buat pengunjung, sekaligus bisa memberi petunjuk pada Anda tentang link mana yang diklik oleh pengunjung, jika Anda memiliki lebih dari satu link pesan WhatsApp di website.

Contoh Link Send Message ke WhatsApp yang benar :
<a href="https://wa.me/6281512346789" >Kirim Pesan</a>

Link salah adalah :
<a href="https://wa.me/+6208151234567>Kirim Pesan</a>
<a href="https://wa.me/+62-8151234567>Kirim Pesan</a>

Untuk membuat tautan dengan pesan yang telah terisi sebelumnya yang akan secara otomatis muncul di gelembung obrolan, gunakan format :
https://wa.me/nomorhp/?text=urlencodedtext

dimana nomorhp adalah nomor ponsel lengkap dalam format internasional dan urlencodedtext adalah pesan yang yang Anda buat agar terkirim secara otomatis, dalam bentuk URL-encoded.

Contoh : <a href="https://wa.me/6281512345678?text=Saya%20tertarik%20untuk%20menyewa%20mobil%20Anda" >Kirim Pesan</a>
Label : .

Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.