Cirebon, Jawa Barat, Keraton

Keraton Keprabonan Cirebon

Keraton Keprabonan Cirebon berada di Kecamatan Lemahwungkuk, tidak jauh dari Keraton Kanoman, dicapai dengan melalui sebuah gang selebar 3 m diantara deretan ruko. Keraton ini tidak memiliki alun-alun dan masjid agung, sehingga lebih sebagai sebuah kediaman pemangku adat (Ndalem). Bangunan sangat sederhana, berbentuk rumah dengan halaman kecil di dalamnya.

Menurut catatan, Keraton Kaprabonan Cirebon didirikan pada tahun 1696 kalender Masehi oleh Pangeran Raja Adipati Kaprabon. Beliau dikenal sebagai seorang pangeran yang memiliki cita-cita untuk mengembangkan Agama Islam sesuai garis perjuangan para Wali pendahulunya, terutama sekalimengikuti jejak leluhurnya, yaitu Sunan Gunung Jati.

Belum sempat saya berkunjung ke keraton ini, meskipun sudah pernah lewat di area yang berada tak jauh dari lokasinya. Mungkin karena kalah pamor dengan bangunan keraton lainnya yang ada di kota Cirebon, sehingga kurang mendapat promosi dan akibatnya pejalan pun tak memperhatikannya.

Semoga saja pada kunjungan berikutnya ke Cirebon saya bisa mampir ke sana.


Keraton Keprabonan Cirebon

Alamat : Kecamatan Lemahwungkuk, Cirebon. Lokasi GPS : -6.716653, 108.566616, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Cirebon, Hotel Murah di Cirebon, Tempat Wisata di Cirebon, Peta Wisata Cirebon


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juli 02, 2018.