Danau, Sulawesi Utara, Tomohon

Danau Linow Tomohon Sulawesi Utara

Danau Linow Tomohon, Sulawesi Utara, merupakan salah satu tempat yang boleh dikatakan paling mengesankan diantara semua tempat menarik di Sulawesi Utara. Setelah meninggalkan rumah Oom Leo Supit di Roong dimana kami menginap, mobil melintas di tepian Danau Tondano selama beberapa saat, lalu belok jalan tembus ke Danau Linow.

Mobil melewati perkebunan serta perumahan penduduk, melalui Desa Tampusuk, lalu Tondangau. Jalan makin menyempit dan jarang dilewati orang, terlihat dari rimbunnya rumput liar. Kami melewati instalasi geotermal dan sempat berhenti karena rapatnya semak hingga menggores mobil. Sesaat kemudian Danau Linow terlihat diantara pepohonan. Air danau berwarna kehijauan, sangat indah dan sejuk dipandang mata. Ada beberapa dangau di tepian sana, yang sepertinya nyaman untuk menikmati pemandangan. Kami akhirnya sampai di tepian Danau Linow dekat jalan. Di seberangnya ada bangunan geotermal dan geowisata Pertamina. Gedungnya sepi, sehingga kami pun tidak mampir ke sana.

Melalui jalan setapak kami turun ke tepian Danau Linow yang sempit dimana terdapat gazebo kecil. Gelembung gas belerang air Danau Linow tampak dengan jelas naik ke permukaan. Pemandangan di sini sangat indah. Kami lalu meneruskan perjalanan dan belok kanan masuk ke resort Danau Linow yang sangat luas setelah melewati pos jaga.

danau linow tomohon sulawesi utara

Oom Leo Supit dan Myra Diarsi tengah difoto oleh Lita di sebuah tempat duduk terbuat dari bambu. Tempat yang nyaman di bawah keteduhan pohon pinus ini berada di dekat area parkir Danau Linow. Tepian area parkir ditumbuhi pepohonan yang menambah keindahan tempat ini. Sejenak kami menikmati suasana dan melihat keindahan danau dari sana.

Di sisi sebelah kiri resort Danau Linow areanya membentuk lereng bukit yang ditumbuhi rerumputan dan ditanami pepohonan yang ditata rapi. Sedangkan di sebelah kanan terdapat sejumlah pondok beratap ukuran sedang rumbia menghaap ke danau. Di depan pondok ada teras atau balkon dengan tempat duduk untuk bersantai menikmati pemandangan.

Danau seluas 34 ha ini bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam dari Kota Manado, dengan melalui jalan propinsi Manado - Tomohon, lalu jalan propinsi Tomohon - Kawangkoan, kemudian belok ke kiri pada GPS 1.270780, 124.818460

danau linow tomohon sulawesi utara

Pemandangan sudut balkon di depan pondok beratap rumbia itu cukup cantik. Sejumlah meja dan kursi disediakan di sana di bawah rindang pohon. Tempat yang sangat ideal untuk menikmati indahnya Danau Linow, dan tempat memesan makanan hangat dan minuman dingin segar. Melewati undakan, kami turun ke balkon sebuah pondok di tepian danau.

Agak jauh di sebelah kiri balkon di atas ada balkon lainnya yang sayangnya kurang nyaman pada siang hari karena terkena dari cahaya langsung matahari, tanpa pelindung sama sekali. Namun cocok untuk menikmati pemandangan di pagi dan sore hari.

Danau Linow ini kadar belerangnya konon tinggi, dan warna airnya bisa berubah sesuai kadar belerang saat itu. Ini tentu tak lepas dari munculnya gelembung-gelembung gas mengandung belerang yang muncul dari dasar danau. Boleh jadi danau ini dahulunya memang merupakan kawah gunung berapi, hanya saja sekarang airnya tidak panas lagi.

danau linow tomohon sulawesi utara

Balkon atau teras di depan pondok rumbia yang menjadi tempat teduh nyaman di mana kami betah duduk berlama-lama menikmati keindahan Danau Linow, sembari menunggu datangnya minuman dingin segar dan makanan kecil yang kami pesan. Suasana yang sepi membuat Oom Leo Supit tidak keberatan untuk bergaya saat difoto dengan latar Danau Linow yang cantik.

Kunjungan ke Danau Linow semakin berkesan dengan datangnya sepiring pisang goreng Goroho khas Sulawesi Utara yang dihidangkan selagi panas. Pisang dimakan setelah dicocol dahulu ke dabu-dabu. Sungguh sangat nikmat di lidah dan segera tandas dalam waktu yang singkat. Ice lemon tea yang kami pesan pun terasa sangat segar dan nikmat.

Setelah cukup puas menikmati makanan dan suasana, kami pun meninggalkan resort Danau Linow melewati jalan normal, tidak lagi lewat jalan darimana kami datang. Kondisi jalanan ini cukup lebar dan mulus, sampai kami tiba di pertigaan jalan propinsi Tomohon - Kawangkoan, dan berhenti sebentar untuk menandai GPS belokan ke Danau Linow itu.


Danau Linow merupakan tempat indah di Tomohon yang sangat sayang untuk dilewatkan jika anda sedang berada di Sulawesi Utara. Warna air danaunya yang hijau indah, lingkungannya yang nyaman asri, serta suguhan pisang goreng goroho dengan ice lemon tea dingin memberi kesan mendalam yang bertahan sangat lama di ingatan.


Danau Linow Tomohon

Alamat : Desa Linow, Kelurahan Lahendong Tomohon, Sulawesi Utara. Lokasi GPS : 1.269850, 124.823790, Waze. Tempat Wisata di Tomohon, Hotel di Manado


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! September 03, 2020.