Jawa Barat, Karawang, Makam

Makam Syekh Quro Karawang

Lokasi Makam Syekh Quro Karawang (Syech Qurotul Ain) berada di Desa Pulokalapa, Kecamatan Lemah Abang, Kabupaten Karawang, sekitar 28 Km dari pusat Kota Karawang. Syekh Quro dikenal sebagai salah satu penyebar agama Islam yang pertama di Jawa, selain tentunya Syekh Maulana Malik Ibrahim.

Makam Syekh Quro Karawang sering dikunjungi peziarah terutama pada malam Sabtu. Mengapa malam Sabtu karena konon makam Syekh Quro ini ditemukan pada malam Sabtu, yang kemudian dijadikan sebagai hari kegiatan tawasul Sabtuan rutin yang kini diikuti oleh ribuan peziarah. Di tempat ini ada pula makam Syekh Bentong (Syekh Abdiulah Dargom), salah seorang muridnya.

Sebagaimana banyak makam keramat lainnya, belum ada bukti kuat tentang letak makam Syekh Quro ini. Kisah mistik penemuan Makam Syekh Quro oleh Raden Somareja (Ayah Jiin) dan Syekh Tolha (juru kunci Astana Gunung Jati Cirebon) pada Jumat malam akhir bulan Sya’ban tahun 1277 H / 1859 bisa dibaca di sejumlah tulisan.

Di belakang bangunan utama Makam Syekh Quro terdapat Sutegaling dan Sumur Awisan. Sutegaling dipercaya merupakan tempat dimana Syekh Tolha dan Raden Somaredja mendapat pesan gaib, "Jagalah dan pusti-pustilah (pelihara) tempat ini, Insya Allah akan membawa keberkahan untuk semuanya", yang dipercayai sebagai pesan dari Syekh Quro.

Sumur Awisan yang dianggap keramat berada di samping cungkup makam memiliki diameter 1 meter, dengan air sangat bening yang tidak pernah kering.

Akan halnya langgar yang pertama kali didirikan oleh Syekh Quro di Karawang, kini telah dibangun menjadi Masjid Agung Karawang.


Makam Syekh Quro Karawang

Alamat : Dusun Pulobata, Desa Pulokalapa, Kecamatan Lemah Abang, Karawang. Lokasi GPS : -6.251323, 107.481636, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Karawang, Tempat Wisata di Karawang, Peta Wisata Karawang.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juni 05, 2018.