Jawa Timur, Kediri, Tenun

Kain Tenun Bandar Kidul Kediri

Kain Tenun Bandar Kidul Kediri di Kecamatan Mojoroto tampaknya cukup terkenal dikalangan para penggemar produk kain tenun tradisional. Selepas kunjungan ke Puhsarang beberapa bulan lalu, kami berkesempatan untuk singgah selama beberapa saat ke salah satu pembuat Kain Tenun Bandar Kidul yang menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) ini.

Lokasi pabrik tenun yang kami kunjungi ini berada sekitar 240 meter masuk ke dalam gang dari Jl. Kyai Haji Agus Salim, Kediri. Pintu masuk ke dalam ruangan kerja yang sederhana dari para pengrajin Kain Tenun Bandar Kidul itu dicapai melalui sebuah gang yang sempit yang bisa dilewati hanya satu kendaraan roda empat.

Sebagaimana di tempat lainnya di tanah air, usaha rakyat kecil dan menengah Kain Tenun Bandar Kidul ini merupakan usaha kerajinan masyarakat Kediri yang telah ditekuni oleh para pengrajinnya secara turun temurun sejak sebelum jaman kemerdekaan. Hanya saja perlu usaha untuk terus meningkatkan mutu dan keluaran produksinya.

kain tenun bandar kidul kediri

Seorang ibu penjual jamu keliling berjalan melintas di depan tembok bata dan pilar-pilar telanjang yang memagari ruangan sederhana sebagai tempat pembuatan kain tenun Bandar Kidul, dengan pintu masuk terlihat berada di sebelah kanan. Tak ada penjaga atau penerima tamu, sehingga sambil mengucap salam dan permisi kami melangkah masuk ke dalam ruangan.

Ruangan kerja pabrik Kain Tenun Bandar Kidul itu terasa agak remang, meskipun ada penerangan listrik dan jendela yang terbuka. Mungkin karena atap yang rendah serta sedikitnya ruang lapang. Di dalamnya kami melihat deretan alat-alat tenun dan orang-orang yang tengah sibuk bekerja. Tidak ada yang merasa terganggu ketika kami masuk dan berjalan berkeliling di dalam ruangan seluas sekitar 100 m2 itu.


Baiknya perlu dipikirkan oleh para peneliti di pemerintahan maupun di perguruan tinggi, agar alat tenun tradisional yang digunakan para pengrajin Kain Tenun Bandar Kidul ini bisa lebih produktif dan hasilnya pun bisa lebih berkualitas dan terjaga konsistensinya, sehingga bisa terus bertahan hidup.

kain tenun bandar kidul kediri

Alat kayu pembuat kain tenun Bandar Kidul berderet dalam jarak yang cukup radat di ruangan yang terlihat sederhana dan kurang representatif ini. Entah sampai kapan industri Kain Tenun Bandar Kidul ini bisa bertahan menghadapi serbuan kain tenun yang dibuat secara massal yang harganya bisa lebih murah.

kain tenun bandar kidul kediri
Seorang pria tengah sibuk bekerja pada sebuah alat tenun di bengkel Kain Tenun Bandar Kidul. Tangan dan kakinya tak henti-hentinya bekerja secara ritmik dan terampil, menghasilkan suara tumbukan antar papan yang gaungnya bersahut-sahutan dengan bunyi alat tenun lainnya.

Deretan benang tertata rapi terlihat di bagian belakang alat pembuat kain tenun, yang meskipun terlihat sederhana, namun pengaturannya cukup rumit. Motif kain tenun Bandar kidul ini bermacam-macam, misalnya ada motif anggrek, kentang – kentang, mawar, tirta, serta motif parang rusak.

kain tenun bandar kidul kediri
Tampak terpasang pada sebuah alat tenun tradisional adaalah satu corak kain tenun Bandar Kidul yang masih dalam tahap pengerjaan. Di tempat yang kami kunjungi ini, para pengrajinnya kebanyakan adalah laki-laki dewasa. Namun ada juga seorang pengrajin tenun wanita yang bekerja agak di sudut ruangan.

Kain Tenun Bandar Kidul dari bahan katun saat itu dijual dengan harga Rp.45 ribu per meter, sedangkan yang dari bahan semi sutra dijual dengan harga sekitar Rp.75 ribu per meter, dan yang dari bahan kain sutera dijual seharga Rp.100 ribu per meter. Sedangkan untuk Kain Tenun Bandar Kidul untuk bahan sarung dijual sekitar Rp.125 ribu per potong.

Selain dibeli oleh masyarakat Kediri sendiri, Kain Tenun Bandar Kidul kabarnya juga digemari oleh para pembeli dari kota-kota lain di Jawa Timur, dan bahkan sampai ke sejumlah daerah di wilayah Jawa Barat, Jakarta, dan negeri tetangga. Semoga saja mereka bisa terus bertahan dan meningkatkan daya saing serta mutunya.

Kain Tenun Bandar Kidul Kediri

Alamat : Desa Bandar Kidul, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Jawa Timur. Lokasi GPS : -7.82927, 112.00083, Waze. Rujukan : Hotel di Kediri, Tempat Wisata di Kediri, Peta Wisata Kediri.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! April 24, 2018.