Padangpanjang, Sumatera Barat, Tempat Wisata

Tempat Wisata di Padangpanjang

Tulisan ini adalah catatan tentang Tempat Wisata di Padangpanjang, sebuah kota di Provinsi Sumatera Barat yang dikelilingi oleh wilayah Kabupaten Tanah Datar. Kota Padang Panjang mendapat julukan sebagai Kota Serambi Mekkah, dan juga Mesir van Andalash.

Kota Padangpanjang pernah menjadi pusat pemerintahan sementara Kota Padang, ketika Belanda melakukan agresi militer tahun 1947. Lihat juga Peta Wisata Padangpanjang, dan Hotel di Padangpanjang

Tempat Wisata di Padangpanjang


Air Terjun Tujuh Tingkat

Diakes melalui jalan setapak tepat di bawah Jembatan Tinggi Silaing Bawah, ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Goa Batu Batirai

Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat, berhias stalaktit dan stalakmit indah seperti tirai.

Jembatan Kereta Api

Daerah Silaing Bawah, jelang pintu gerbang masuk kota Padang Panjang, merupakan jalur rel Kereta Api Padang Panjang - Padang., pada ketinggian 20 m di atas jalan raya.

Kereta Wisata Singkarak

Berangkat dari Stasiun KA Padangpanjang ke Sawahlunto, melewati tepian Danau Singkarak, dengan waktu tempuh 3 jam.

Masjid Asasi Nagari Gunung

Kelurahan Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur, yang salah satu masjid tertua di Sumatera Barat, berusia lebih dari 200 tahun.

Minang Fantasy Water Park (Mifan)

Jalan Sutan Syahrir, Silaing Bawah, lengkap dengan kawasan bermain, Cottage, Panggung Musik, Camping dan Outbound Ground, dll.

Pemandian Lubuk Mata Kucing

Kelurahan Pasar Usang, Kec Padangpanjang Barat, di sebuah dataran tinggi, diapit Bukit Surungan dan Batang Anai

Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau

Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, menempati sebuah bangunan khas Minangkabau yang disebut Rumah Gadang Koto Piliang.

Sate Mak Syukur

Jalan Sutan Syahrir, Silaing Bawah, yang and harus mampir jika lewat di Padang Panjang

Stasiun Kereta Api Padang Panjang

Jalan Sutan Syahrir, Padang Panjang Barat, dibangun pemerintah kolonial Belanda pada 1889, merupakan stasiun kereta api terbesar di Sumatera Barat.


Festival di Padangpanjang


Minangkabau Silek Retreat

Penampilan pencak silat tradisional khas Minangkabau yang digabungkan dengan kegiatan promosi wisata Padangpanjang, diselenggarakan pada sekitar bulan Agustus.

Minangkabau Travel Mart

Diselenggarakan pada sekitar bulan Oktober dimana para peserta akan bisa menikmati destinasi utama Sumatera Barat dan kuliner Padangpanjang.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Maret 14, 2018.