Cirebon, Jawa Barat, Pendopo

Pendopo Kabupaten Cirebon

Lokasi Pendopo Kabupaten Cirebon berada di Jl. Kartini No 1, Cirebon, tepat di depan Rumah Dinas Bupati, menghadap ke Alun-alun Kejaksan dan Masjid At-Taqwa. Pendopo Kabupaten Cirebon dan Rumah Dinas Bupati luas bangunannya sekitar 3.200 m2, dengan luas tanah lebih dari 18.000 m2, berpagar tembok 2 meter di sisi Selatan dan sisi Barat, dan berpagar besi di sisi Timur dan sisi Utara.

Pendopo Kabupaten Cirebon umurnya sama dengan Alun-alun Kejaksan dan Tajug Agung (kini Masjid At-Taqwa), yaitu dibuat sekitar tahun 1918, berbentuk bangunan joglo terbuka. Tahun 1925, pada atap Pendopo Kabupaten Cirebon ditambahkan ornamen berupa plafon kayu-kayu jati yang diukir.

Di sebelah Timur dan Barat Pendopo Kabupaten Cirebon terdapat candi bentar, mengikuti bangunan lain yang ada di Cirebon, sebagai gerbang masuk ke dalam kompleks.

Bupati pertama Cirebon, R Simuk, pernah menggunakan Rumah Dinas Bupati sebagai rumah dinas resminya.


Pendopo Kabupaten Cirebon

Alamat : Jl. Kartini No 1 Cirebon. Lokasi GPS : -6.710701, 108.559662, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Cirebon, Hotel Murah di Cirebon, Tempat Wisata di Cirebon, Peta Wisata Cirebon


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 05, 2018.