Jawa Tengah, Magelang, Masjid

Masjid Tiban Baitul Rahman Magelang

Masjid Tiban Baitul Rahman Magelang berada di Dusun Tingal Wetan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, merupakan masjid tua yang berdiri sejak tahun 1825 di awal berlangsungnya Perang Jawa.

Semula masjid yang dipugar dan diperluas oleh mantan Menteri Penerangan Budihardjo ini adalah berupa musholla sederhana beratap alang-alang dengan dua buah tiang setinggi 2 meter yang digunakan oleh para pengikut Pangeran Diponegoro.

Di dalam masjid terdapat sebuah bedug yang sebelumnya merupakan genderang perang sang pangeran yang disimpan oleh Wonorejo, dan baru disumbangkan ke masjid pada 1970.

Wonorejo adalah nama samaran BPH (Bendoro Pangeran Haryo) Tejokusumo, putera Sultan Hamengkubuwana II dari garwo ampean bernama Dewi Rantamsari. BPH Tejokusumo ikut berjuang bersama Pangeran Diponegoro, saudara seayah lain ibu, dalam Perang Jawa. BPH Tejokusumo dinobatkan sebagai adipati pada 1799 membawahi daerah Kadipaten Wonorejo.

Masjid Tiban Wanurejo Magelang

Alamat : Dusun Tingal Wetan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang. Rujukan : Peta Wisata Magelang, Hotel di Magelang, Tempat Wisata di Magelang.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 02, 2018.