Blora, Jawa Tengah, Makam

Makam Sunan Pojok Blora

Lokasi Makam Sunan Pojok Blora berada sekitar 50 meter di sebelah Selatan Alun-Alun Kota Blora. Sunan Pojok adalah Tumenggung Surobahu Abdul Rohim, seorang perwira Mataram yang berhasil memadamkan kerusuhandi wilayah Tuban.

Dalam perjalanan pulang ia jatuh sakit dan meninggal dunia di Desa Pojok, Karangnangka, Kecamatan Banjarejo, Blora. Karena meninggal di Desa Pojok, beliau pun dikenal sebagai Sunan Pojok.

Konon atas perintah Sultan Agung, Sunan Pojok ikut memimpin pasukan Mataram ketika menyerbu VOC di Batavia dan berhasil mengalahkan VOC pada 20 Nopember 1626, yang menjadi satu-satunya kemenangan pasukan Mataram.

Mengingat jasa-jasanya, putera Sunan Pojok yang bernama Jaya Dipa diangkat oleh Mataram menjadi Bupati Blora yang pertama. Ketika wafat, jabatan Bupati diturunkan ke putranya yang bernama Jaya Wirya, dan berlanjut ke Jaya Kusuma. Makam Sunan Pojok kemudian dipindahkan ke makam Gedhong Blora di Jl Mr.Iskandar I/1 Blora.

Makam Sunan Pojok dan keluarganya banyak dikunjungi peziarah terutama malam Jumat Pon dan pada Bulan Suro ketika diadakan Khol Sunan Pojok.

Makam Sunan Pojok Blora

Alamat : Kompleks Makam Gedhong, Jl Mr.Iskandar I/1, Blora. Lokasi GPS : -6.9699145, 111.4125644, Waze. Rujukan : Hotel di Blora, Hotel di Cepu, Tempat Wisata di Blora, Peta Wisata Blora.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 05, 2018.