Candi Gunung Wukir Magelang

aroengBinang.com - Candi Gunung Wukir Magelang atau Candi Wukir dikenal juga dengan sebutan Shiwalingga atau Candi Canggal, karena letaknya yang berada di Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang. Dinamakan Candi Gunung Wukir karena candi Hindu ini berada di Bukit Wukir, sebuah bukit di lereng barat Gunung Merapi.

Untuk mencapai Candi Gunung Wukir pejalan dapat naik angkutan umum ke arah Kecamatan Ngluwar, turun di Desa Kadiluwih, dan lanjut dengan berjalan kaki melewati perkebunan, jembatan, dan mendaki Bukit Wukir sejauh 500 m.

Jika naik kendaraan sendiri, dari arah Jogja-Magelang belok kiri di pertigaan lampu merah pertama setelah perbatasan Jogja-Jawa Tengah yang berada setelah Kantor Kecamatan Salam, ke Jalan Nglurak menuju ke Desa Kadiluwih.

Candi Gunung Wukir Magelanga

Setelah sekira 2 km belok kanan di sebuah pertigaan kecil ke jalan tak beraspal hingga sampai ke Dusun Carikan. Kendaraan harus parkir di halaman rumah penduduk, dan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati kebun, menyeberangi jembatan dan mengikuti jalan menanjak ke atas bukit.

Berdasarkan prasasti Canggal berbahasa Sanskerta yang ditemukan pada 1879 di tempat ini, Candi Gunung Wukir didirikan pada jaman Raja Sanjaya dari Kerajaan Mataram Kuno, yaitu tahun 654 Saka (732 M). Prasasti Canggal berisi banyak informasi berkait keberadaan Kerajaan Mataram Hindu. Merujuk pada isi prasasti, nama asli Candi Gunung Wukir tampaknya adalah Shiwalingga atau Kunjarakunja.

Mungkin karenae itu diduga bahwa persawahan yang kini mengelilingi Gunung Wukir dahulunya adalah sebuah desa purba yang bernama Kunjara Kunja. Dahulu di tempat itu pernah ditemukan sejumlah lesung batu, dan peralatan rumah tangga yang juga terbuat dari batu. Prasasti Canggal bisa dilihat di Museum Nasional Jakarta.

Penampakan Candi Gunung Wukir bisa dilihat pada video di bawah ini, yang dibuat oleh kanal Youtube Jagoan Ummi.



Kompleks Candi Gunung Wukir memiliki ukuran 50 × 50 m, namun baik candi induk maupun ketiga candi perwara-nya tidak ada satu pun yang berada dalam keadaan utuh. Selain prasasti Canggal, di kompleks candi Gunung Wukir juga ditemukan yoni, lingga dan arca Nandi. Prasasti Canggal kini disimpan di Museum Nasional Jakarta.

Candi Gunung Wukir

Alamat : Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang. Lokasi GPS : -7.634351, 110.296761, Waze. Rujukan : Peta Wisata Magelang, Hotel di Magelang, Tempat Wisata di Magelang.
, Pejalan musiman. Bagikan: Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print! Follow aroengBinang! aroengBinang.com adalah blog tulisan foto perjalanan dan catatan seputar wisata Indonesia, peta wisata, hotel, seni budaya, opini, percik pikir, hiburan, serta tips blogger. Kunjungi sitemap untuk mesin pencarian dan isi blog selengkapnya. Balik ke atas ↑