Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Tempat Wisata

Tempat Wisata di Pesisir Selatan

Di bawah ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata di Pesisir Selatan. Pesisir Selatan, beribu kota Painan dengan kode area telepon 0756 berada di wilayah Sumatera Barat, berbatasan dengan Kota Padang di Utara, wilayah Solok dan Jambi di Timur, Bengkulu di Selatan dan Samudera Indonesia di Barat.

Tulisan Tempat Wisata di Pesisir Selatan dan peta wisata Pesisir Selatan ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat. Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi.

Tempat Wisata di Pesisir Selatan


Air Terjun Bayang Sani

Nagari Koto Baru, Kec Bayang, 500 m dari pinggir jalan, 20 Km dari Painan, 60 Km dari Padang, dengan ketinggian air terjun 80 m, ada lima tingkat air terjun namun hanya dua yang bisa dijangkau.

Air Terjun Lumpu

Lumpo, Kecamatan IV Jurai, di kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS), dengan air sangat jernih, dikelilingi hutan, diakses melalui Limau Gadang dengan berjalan kaki sejauh 5 km.

Bekas Pertambangan Emas

Salido Ketek, 10 km dari Kota Painan, 60 km dari Padang, di puncak Gunung Harun, yang membutuhkan waktu 10 sampai 12 jam dengan berjalan kaki.

Benteng Portugis

Pulau Cingkuak, 5 menit dengan kapal motor dari Pantai Carocok, berupa sisa reruntuhan benteng yang dibuat pada masa penjajahan Portugis.

Jembatan Akar

Bayang, 50 m dari jalan besar, 82 Km dari Kota Padang, terbuat dari dua akar pohon dengan panjang jembatan 25 m dan lebar 1,5 meter yang bisa dilalui oleh 10 orang.

Nyiur Melambai

Kecamatan Sutera, berada disisi jalan provinsi, 30 Km dari Kota Painan, perpaduan hijau perbukitan, panorama pantai, dan kapal-kapal nelayan.

Pantai Batu Kalang

Nagari Ampang Pulai, Kecamatan Koto XI Tarusan, 56 Km dari kota Padang, bisa untuk olah raga pantai, memancing.

Pantai Carocok

Kota Painan, 75 Km dari Kota Padang, berpasir putih bersih, landai, airnya sangat jernih, berhadapan dengan Pulau Kereta dan Pulau Cingkuak, ada Jembatan Cinta menuju Pulau Kereta.

Pantai Mandeh

Kecamatan Koto XI Tarusan, berpasir putih, dengan hutan bakau, makanan khas Randang Lokan, Kalio Timo dan Kalio Lokan.

Pantai Pasir Putih Kambang

Kambang, Kecamatan Lengayang, 160 km dari Kota Padang, terkenal dengan pasir putihnya yang bersih.

Pantai Sumedang

Kecamatan Ranah Pesisir, 71 km dari Kota Painan, dilengkapi permainan untuk anak.

Pantai Teluk Sikulo

Di ujung Teluk Lambu dan Teluk Balimbing, dengan Pulau Nibung dan Pulau Batu Ajung di mulut teluk.

Puing-puing Istana Kerajaan Inderapura

Muaro Sakai, Nagari Inderapura, Kecamatan Pancung Soal. Kerajaan Inderapura mengalami kejayaan pada abad ke XVII-XVIII.

Pulau Cubadak

Kecamatan Koto XI Tarusan, 15 menit dari dermaga Mandeh, panjang pantai 1,5 km, dengan terumbu karang dan kawanan ikan warna-warni yang keindahannya telah mendunia, juga dihuni satwa burung, monyet, rusa, dan babi.

Puncak Langkisau

Berada 4 Km dari Kota Painan; dari puncak bukit ini pengunjung bisa melihat panorama Kota Painan dan Samudera Indonesia yang mempesona, dan tempat bagi penggemar paralayang.

Rabab Pasisia

Wisata budaya Painan yang merupakan seni suara yang diringi dengan alat musik biola, kebanyakan bertutur tentang perjalanan hidup, kisah asmara, kisah-kisah masa lalu yang disebut Kaba.

Rumah Gadang Mande Rubiah

Kec Lunang Silaut, 157 Km dari Kota Painan, diperkirakan ada sejak abad ke-14, dengan Tanduak Binauang, Talua Garudo, keris, makam Bundo Kanduang, Dang Tuanku, Puti Bungsu, Cindua Mato.


Festival di Pesisir Selatan


Festival Bahari Mandeh

Diselenggarakan sekitar bulan Agustus yang menampilkan kebiasaan dari komunitas Mandeh.

Festival Langkisau

Diselenggarakan sekitar bulan April dengan berbagai lomba seperti Kejuaraan Volley Pantai, Trabas, dan berbagai festival seni budaya.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah yang lahir di Desa Mersi - Purwokerto, dan sekarang tinggal di Jakarta. Diperbarui: Januari 14, 2018.

Tulis Komentar

Ketik dulu, lalu klik "Masuk ..." atau "Posting".

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.

« Baru©2021 Ikuti SayaLama »